PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

BINTI KALIMATU ROSIDAH, 17208163043 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI MTsN 7 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII Di MTsN 7 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/ 2020”. Ditulis oleh Binti Kalimatu Rosidah, Jurusan Tadris Biologi, NIM 17208163043, dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S. Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung yang terlihat cenderung merasa bosan dan memilih bermain dengan siswa yang lain karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan suasana pembelajaran menjadi kurang kondusif. Suasana pembelajaran yang seperti itu menyebabkan siswa sulit menyerap materi yang disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar yang diperoleh belum maksimal, selain itu motivasi siswa juga masih kurang. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya inovasi pada proses pembelajaran dengan harapan dapat menumbuhkan motivasi dan berpengaruh positif pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap motivasi siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung. (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung. (3) hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis Quasi Eksperimen (eksperimen semu) sedangkan desain penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung dengan sampel kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen, menggunakan pengambilan sampel jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t dan uji korelasi dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunujukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap motivasi siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung, ditunjukkan oleh thitung>ttabel = 5,942 > 1,668, maka Ha diterima. (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung, ditunjukkan oleh thitung> ttabel = 3,370 > 1,668 maka Ha diterima (3) Ada hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung, ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,024 ≤ 0,05 maka Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: rosidah binti kalimatu
Date Deposited: 12 Jul 2021 02:46
Last Modified: 12 Nov 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19986

Actions (login required)

View Item View Item