IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR

IIN ANGGINI, 12201173112 (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Untuk Membentuk Religiusitas Peserta Didik Di MAN 3 Blitar‟‟, ini ditulis oleh Iin Anggini (12201173112) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), IAIN Tulungagung, 2021, Dosen Pembimbing : Musthofa.S.S., M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler, Religiusitas Penelitian dalam skripsi dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi yaitu membentuk religiusitas pada peserta didik membutuhkan proses yang tidak singkat dan juga membutuhkan beberapa kegiatan. Dibutuhkan waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun agar peserta didik dapat membentuk religiusitas peserta didik di Madrasah. Kondisi semacam ini dapat menumbuhkan inisiatif guru dan lembaga untuk mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan berbagai kegiatan Islami. Fokus penelitian adalah 1)Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar? 2)Bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar? 3)Bagaimana hasil kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan proses kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Unutuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triagulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar dimulai dengan persiapan materi, pembina, dan juga persiapan tujuan akhir kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Selanjutnya adanya perumusan RPP, Silabus, Prota, dan Promes di awal semester. Perencanaan lain dilihat dari persiapan fasilitas yang mendukung kegiatan di madrasah. Tujuan akhir kegiatan ini untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan diluar jam pembelajaran dan juga membentuk religiusitas peserta didik. 2) Proses kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Jum‟at dan Sabtu. Untuk waktudilaksanakan pada pukul 13.00-16.00 WIB. Sebelum kegiatan dimulai diawali dengan kegiatan berdoa bersama dan adanya nasihat-nasihat Islami yang diberikan oleh masing-masing pembina. 3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk religiusitas peserta didik di MAN 3 Blitar dilihat dari beberapa aspek antara lain dari keantusiasan peserta didik, keistiqomahan kegiatan, dan prestasi yang diraih dari ajang perlombaan. Semakin banyak peserta didik dan rutin kegiatan dilaksanakan maka semakin besar peluang untuk membentuk religiusitas peserta didik. Begitu pun dengan prestasi ajang perlombaan semakin banyak meraih kemenangan maka kegiatan dikatakan berhasil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173112 IIN ANGGINI
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:28
Last Modified: 26 Jul 2021 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20073

Actions (login required)

View Item View Item