PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI MAMBA‟UL „ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

TSALISA MIA FATMA, 17205163026 (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI MAMBA‟UL „ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tsalisa Mia Fatma, 17205163026, skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Tematik Kelas V MI Buntaran Rejotangan Tulungagung” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M.Pd Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan kemampuan guru dalam menguasai pembelajaran yang masih tergolong rendah dan merosotnya mutu pendidikan nasional yang disebabkan oleh keberadaan guru yang kurang professional. Mutu pendidikan nasional dan prestasi belajar siswa kognitif, afektif, psikomotorik dapat meningkat dengan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Salah satu factor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar dikelas adalah pendidik. Guru merupakan ujung tombak tercapainya tujuan pendidikan. Rumusan Masalah dalm penulisan skripsi ini adalah: (1) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif mata pelajaran tematik di MI Mamba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? (2) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek afektif mata pelajaran tematik di MI Mamba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? (3) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek psikomotorik mata pelajaran tematik di MI Mamba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-fakto. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Mamba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yang berjumlah 103. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan insturmen angket, observasi dan juga dokumentasi. Analisis datanya menggunakan dua uji yaitu: a) uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. b) uji hipotesisyaitu dengan uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif mata pelajaran tematik di MI Mamba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, dengan perolehan hasil T hitung > T tabel (20.805 > 1,998) dengan taraf signifikansi sejumlah 0,000 (0,000 < 0,05). artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek afektif mata pelajaran tematik di MI Mamba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, dengan perolehan hasil T hitung > T tabel (5.798 > 1,998) dengan taraf signifikansi sejumlah 0,000 (0,000 < 0,05). artinya Ho ditolak Ha diterima. (3) ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam aspek psikomotorik mata pelajaran tematik di MI Mamba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, dengan perolehan hasil T hitung > T tabel (29.110 > 1,998) dengan taraf signifikansi sejumlah 0,000 (0,000 < 0,05). artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163026 TSALISA MIA FATMA
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:56
Last Modified: 28 Jul 2021 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20107

Actions (login required)

View Item View Item