PERAN PENGASUH PANTI DALAM MEMBIMBING KECERDASAN MORAL DAN KECERDASAN SOSIAL ANAK ASUH PERSPEKTIF FIQIH HADHANAH (Studi di Panti Asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol, Panti Asuhan Al-Muslimun Kepatihan dan Panti Asuhan Al-Husna Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

KHOIRUL RODIANAH, 12102173091 (2021) PERAN PENGASUH PANTI DALAM MEMBIMBING KECERDASAN MORAL DAN KECERDASAN SOSIAL ANAK ASUH PERSPEKTIF FIQIH HADHANAH (Studi di Panti Asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol, Panti Asuhan Al-Muslimun Kepatihan dan Panti Asuhan Al-Husna Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Khoirul Rodianah, 12102173091, Peran Pengasuh Panti dalam Membimbing Kecerdasan Moral dan Kecerdasan Sosial Anak Asuh Perspektif Fiqih Hadhanah (Studi di Panti Asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol, Panti Asuhan Al-Muslimun Kepatihan dan Panti Asuhan Al-Husna Boyolangu Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, IAIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Kata Kunci: Peran Pengasuh Panti, Kecerdasan Moral, Kecerdasan Sosial, Fiqih Hadhanah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yatim piatu atau anak terlantar yang terdapat di Kabupaten Tulungagung yang tidak mendapatkan pengasuhan dan pembimbingan kecerdasan moral dan sosial yang baik dari orang tua kandung dan keluarganya. Bahkan sampai mengabaikan atau melepaskan tanggung jawab terhadap anaknya. Maka disinilah peran pengasuh panti dalam menjamin hak-hak dan pengasuhan yang baik dan memadai terhadap anak tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana peran pengasuh panti dalam membimbing kecerdasan moral dan kecerdasan sosial anak asuh di Panti Asuhan Hikmatul Hayat, Panti Asuhan Al-Muslimun dan Panti Asuhan Al-Husna? 2)Bagaimana peran pengasuh panti dalam membimbing kecerdasan moral dan kecerdasan sosial anak asuh di Panti Asuhan Hikmatul Hayat, Panti Asuhan Al-Muslimun dan Panti Asuhan Al-Husna perspektif Fiqih Hadhanah? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran pengasuh panti dalam membimbing kecerdasan moral dan kecerdasan sosial anak asuh di Panti Asuhan Hikmatul Hayat, Panti Asuhan Al-Muslimun dan Panti Asuhan Al-Husna. 2 Untuk mengetahui peran pengasuh panti dalam membimbing kecerdasan moral dan kecerdasan sosial anak asuh di Panti Asuhan Hikmatul Hayat, Panti Asuhan Al-Muslimun dan Panti Asuhan Al-Husna dalam perspektif Fiqih Hadhanah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknikteknik perpanjangan kehadiran peneliti di lapangan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Peran pengasuh panti dalam membimbing kecerdasan moral dan kecerdasan sosial anak asuh dengan menanamkan pengajaran akhlak, budi pekerti dalam peraturan guna meningkatkan rasa empati, hati nurani, kontrol diri, rasa hormat, baik hati, toleransi, dan keadilan anak asuh. Dan memberikan keterampilan dalam rangka meningkatkan bakat dan minat anak asuh yang berpengaruh pada kehidupan sosial. 2)Peran pengasuh dalam membimbing kecerdasan moral dan kecerdasan sosial anak asuh sudah sesuai dengan konsep fiqih hadhanah pada Mazhab Syafi’i berupa pemeliharaan atau pengasuhan anak asuh yang belum mumayyiz dengan memberikan hak mendidik moral dan mengasuh anak asuh menjadikan akhlak yang baik sesuai ajaran agama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: s1 12102173091 Khoirul Rodianah
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:31
Last Modified: 28 Jul 2021 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20118

Actions (login required)

View Item View Item