RIZKI BUDI SETIAWAN, 12201173294 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (817kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (752kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh Rizki Budi Setiawan, NIM. 12201173294, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Agus Purwo Widodo, M. Pd., NIP 19720417200604 Kata kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak masih perlu ditingkatkan. Sehingga, guru berupaya dengan menggunakan inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis E- Learning. Media Pembelajaran berbasis E- learning merupakan media pembelajaran yang memudahkan siswa belajar dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis E- learning sebagai sarana efektif dan memperluas p engetahuan sesuai dengan perkembangan ilmu. E- learning dapat meningkatkan dan mengambil manfaat dari materi materi dan teknologi pengiriman baru untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan E- learning memudahkan siswa dalam mengumpulkan tugas dan Dengan adanya Media pembelajaran tersebut memudahkan siswa mengikuti proses belajar pada masa pandemi. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 10 Blitar. 2) untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 10 Blitar. 3) untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 10 Blitar dengan menggunakan media pembelajaran. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya dalam bentuk survey, variabel bebas: media pembelajaran (X), variabel terikat: motivasi belajar (Yl) dan hasil belajar (Y2). Populasi: seluruh siswa kelasVII di MTsN 10 Blitar yang beijumlah 64 siswa. Sampling: probability sampling dan non probability sampling. Sampel: 64 siswa. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan uji Manova. Hasil penelitian Kelas A: 1) Tidak Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0,280 > 0,05. 2) Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0,001 < 0,05. 3) Ada Pengaruh Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0.007, 0,004, 0,002, 0,001< 0,05 Hasil penelitian Kelas B: 1) Tidak Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0,142 > 0,05. 2) Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0,003 < 0,05. 3) Ada Pengaruh Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, dibuktikan dengan signifikansi 0.004, 0,004, 0,005, 0,002< 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173294 RIZKI BUDI SETIAWAN |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 03:56 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20144 |
Actions (login required)
View Item |