STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR

NUR HARIYATI JAMILATUS SHOLIHAH, 12201173288 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (683kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Nur Hariyati Jamilatus Sholihah, NIM 12201173288, pembimbing Mohammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kecerdasan Emosional Perkembangan zaman yang serba digital, memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi melalui media sosial. Namun masih banyak orang yang sulit untuk bersosialisasi, mengontrol emosinya, sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan emosional sangat diperlukan dalam upaya untuk menimbulkan kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial seseorang. Menanggapi hal tersebut, perlu strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar?, (3) Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan metode, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan masukkan unsur kecerdasan emosional peserta didik, mengadakan rapat/pembinaan dan evaluasi tindak lanjut terkait dengan kegiatan pembelajaran dan penyusunan RPP yang dilakukan oleh guru PAI untuk satu semester kedepan, dan merencanakan kegiatan ektrakulikuler dan kegiatan keagamaan. (2) Pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar adalah melaksanakan pembelajaran sesuai yang tercantum di RPP, yaitu guru PAI menggunakan model pembelajaran ekspository (penyampaian materi oleh guru secara langsung) dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, praktik dan menggunakan model pembelajaran PAIKEM, yaitu Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Pelaksanaan selanjutnya yaitu adanya mata pelajaran Praktik Agama seperti membaca Al-Qur’an, menghafalkan Juz Amma, praktik sholat, dan praktik wudhu. Kemudian yang terakhir adalah melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan keagamaan. Dalam pelaksanakan mengambangkan kecerdasan emosional peserta didik terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu faktor pendukungnya adalah lingkungan yang mendukung, banyaknya kegiatan keagamaan di sekolah, dan fasilitas sekolah yang menunjang untuk mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya juga bisa dari lingkungan, yaitu lingkungan yang kurang baik dan diri sendiri yang belum bisa mengimbangi, mengontrol, dan mengetahui mana yang baik dan benar. (3) Evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 2 Kademangan Blitar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan di RPP. Evaluasi dilakukan berjenjang, mulai dari setiap materi, per bab (ulangan harian), dan per semester. Selain itu, guru PAI juga melakukan observasi langsung terhadap peserta didik pada saat kegiatan keagamaan, dengan memperhatikan langsung bagaimana peserta didik melaksanakan kegiatan keagamaan dan sikapnya selama di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Karir
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur 12201173288 jamila
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:54
Last Modified: 30 Jul 2021 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20162

Actions (login required)

View Item View Item