KEMAMPUAN VISUALISASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

RIFDA ISNA HANIFA, 12204173167 (2021) KEMAMPUAN VISUALISASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (444kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Visualisasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Materi Garis dan Sudut Kelas VII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Rifda Isna Hanifa, NIM. 12204173167, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Visualisasi Matematis, Gaya Belajar, Garis dan Sudut Fenomena sebagian besar siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan pemecahan masalah matematika. Kesulitan tersebut dikarenakan matematika memiliki karakteristik yang abstrak. Proses visualisasi dapat membantu menyederhanakan dan memecahkan masalah melalui bentuk visual. Visualisasi diartikan sebagai proses memperoleh pengetahuan dengan memanipulasi dan mengeksplorasi ide matematika berupa visual (gambar, grafik, tabel) dan simbolik (pernyataan matematis/notasi, simbol aljabar). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan visualisasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal garis dan sudut, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan visualisasi matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal garis dan sudut, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan visualisasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal garis dan sudut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung yang terdiri dari 5 siswa yaitu 1 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual memenuhi tiga indikator yaitu membuat gambar dari masalah, menentukan cara yang akan digunakan, dan membuat gambar baru dari ide visual, (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial memenuhi tiga indikator yaitu membuat gambar dari masalah, menentukan cara yang akan digunakan, dan membuat gambar baru dari ide visual, (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi tiga indikator yaitu membuat gambar dari masalah, menentukan cara yang akan digunakan, dan membuat gambar baru dari ide visual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173167 RIFDA ISNA HANIFA
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:32
Last Modified: 02 Aug 2021 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item