STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI MI RIYADHLOTUL UQUL DOROAMPEL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

FITRIANA NURITA, 12205173076 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI MI RIYADHLOTUL UQUL DOROAMPEL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Daring di MI Riyadhlotul uqul doroampel tulungagung” yang ditulis oleh Fitriana Nurita, NIM: 12205173076, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dengan dosen pembimbing Bapak Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Strategi Guru, Motivasi belajar, Pembelajaran daring. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa adanya virus Pandemi Covid-19 di tahun 2020/2021. Sehingga muncul peraturan baru dengan keputusan yang dibuat oleh Menteri Pendidikan bahwa sekolah tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka melainkan dianjurkan untuk mengadakan pembelajaran secara daring. Terkait belajar dari rumah, Mendikbud menekankan bahwa pembelajaran daring dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar siswa dapat bervariasi sesuai dengan strategi guru dan kondisi siswa masingmasing. Dengan adanya penerapan pembelajaran daring di MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung faktanya muncul beberapa masalah yang terjadi pada pembelajaran daring, seperti turunnya motivasi dan semangat belajar, sulitnya guru dalam menyampaikan materi hanya melalui WhatsApp group. Dengan adanya penelitian tersebut peneliti ini meneliti lebih dalam mengenai strategi guru dalam motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring guru di MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru dalam motivasi belajar siswa di MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung. (3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dari hasil peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui Perencanaan guru dalam pembelajaran daring di MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung. (2) Untuk mengetahui perlaksanaan guru dalam motivasi belajar siswa di MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari hasil peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring MI Riyadhlotul Uqul Doroampel Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi wawancara terus menerus dan triangulasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran daring mengguakan aplikasi WhatsApp group, media pembelajaran yang digunakan adalah video pembelajaran yang menarik, menyajikan materi yang bervariatif, menyusun bahan ajar yang sesuai, bahan ajar yang digunakan adalah buku siswa dan guru, bahan ajar yang digunakan guru sebagai acuan/pedoman yaitu RPP. (2) Strategi yang digunakan oleh guru dalam pelaksanaan motivasi belajar siswa yaitu dengan memberikan apresiasi, nilai, dan pujian apapun prestasinya, apapun kualitasnya, guru mengapresiasi siswa agar siswa semangat dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah memberikan tugas yang berbeda-beda seperti menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang menarik terkait dengan materi siswa. Sehingga siswa lebih semangat dan motiasi giat dalam pembelajaran daring. (3) faktor pendukung, (a) fasilitas yang memadai, (b)motivasi dan peran dari orang tua atau lingkungan keluarga yang mendukung, (c) media pembelajaran yang menarik saat pembelajaran berlangsung. Faktor penghambat siswa dalam pembelajaran daring yaitu (a) berasal dari diri siswa sendiri, (b) kemampuan guru dalam mengampu pelajaran, (c) kondisi lingkungan siswa, dan (4) fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173076 FITRIANA NURITA
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:31
Last Modified: 02 Aug 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20223

Actions (login required)

View Item View Item