KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS VIII SMPN 2 PAPAR KABUPATEN KEDIRI

YUNIKE CLARADYA VIMANNORA, 12204173101 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS VIII SMPN 2 PAPAR KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Yunike Claradya Vimannora, NIM. 12204173101, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Adversity Quotient (AQ) Berpikir kreatif merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika, dimana siswa mampu menyelesaikan suatu persoalan matematika yang lebih menekankan proses menghasilkan solusi bervariasi yang bersifat baru dan unik. Ada tiga indikator kemampuan berpikir kreatif, diantara lain kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility) dan kebaruan (novelty). Pengembangan konsep berpikir kreatif pada matematika dapat membuat siswa putus asa dan menyerah. Adversity Quotient (AQ) merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengamati kesulitan dan mengolah kesulitan tersebut dengan kecerdasan yang dimiliki sehingga menjadi sebuah tantangan untuk diselesaikan. AQ seseorang dapat dikelompokkan ke dalam tiga tipe, yaitu: Rendah (Quitters), Sedang (Campers), dan Tinggii (Climbers). Adapun tujuan penelitian ini, (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri dengan Adversity Quotient (AQ) tipe Quitters (rendah). (2) Untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri dengan Adversity Quotient (AQ) tipe Campers (sedang). (3) Untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri dengan Adversity Quotient (AQ) tipe Climbers (tinggi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Papar Kabupaten Kediri. Teknik Pengumpulan data berupa hasil Tes, Angket, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, pemaparan data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara ketekunan peneliti dan triangulasi. Subjek penelitian adalah 1 siswa dengan tipe Adversity Quotient (AQ) tinggi (Climbers), dan 3 siswa dengan tipe Adversity Quotient (AQ) sedang (Campers). Hasil penelitian mendiskripsikan bahwa (1) Pada penelitian ini, tidak ditemukan siswa yang memiliki Adversity Quotient (AQ) tipe rendah. (2) Siswa dengan Adversity Quotient (AQ) sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif sedang, dengan memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan/kelancaran (fluency), fleksibilitas/keluwesan (flexibility). (3) Siswa dengan Adversity Quotient (AQ) tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, siswa tersebut memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan/kelancaran (fluency), fleksibilitas/keluwesan (flexibility), kebaruan/keaslian (novelty).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173101 Yunike Claradya Vimannora
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:11
Last Modified: 02 Aug 2021 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20233

Actions (login required)

View Item View Item