STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SKI DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

UMI NADLIFAH, 12201173072 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SKI DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Nadlifah, NIM 12201173072, Pendidikan Agama Islam (PAI), tahun 2021 dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam Strategi pembelajaran merupakan komponen yang harus dimiliki oleh seorang guru, terutama guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Namun fenomena yang ada, strategi pembelajaran belum sepenuhnya mewakili tercapaianya tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dituntut untuk memiliki ketrampilan dalam menentukan strategi-strategi yang tepat dalam pembelajaran. Karena strategi pembelajaran merupakan sarana seorang guru dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Kualitas pembelajaran bisa diukur menggunakan tiga strategi yaitu, strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran. Dengan begitu seorang guru diharapkan memiliki kualitas pembelajaran yang bagus dan memiliki dampak pada peningkatan mutu pendidikan nasional. Dalam hal ini peneliti menghubungkan strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi pengorganisasian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2) bagaimana strategi penyampaian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3) bagaimana strategi pengelolaan guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, 2) mendeskripsikan strategi penyampaian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, 3) mendeskripsikan strategi pengelolaan guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari waka kurikulum dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang keikut sertaan, ketekunan/kejegan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti sebagai berikut, 1) Strategi pengorganisasian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yaitu, membuat perangkat pembelajaran, memberikan pokok materi pembelajaran, memberikan tugas kepada peserta didik secara mandiri dan kelompok, dan membuat format penilaian atas penguasaan tiap materi. Kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung mengalami peningkatan dengan prosentase 8%. Peningkatan kualitas pembelajaran SKI ini dilihat dari hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik setelah guru menerapkan strategi pengorganisasian pembelajaran. 2) Strategi penyampaian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yaitu, menggunakan berbagai strategi pembelajaran dalam penyampaian pembelajaran, menggunakan berbagai metode pembelajaran, dan menggunakan berbagai media saat pembelajaran. Kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung mengalami peningkatan dengan prosentase 9%. Peningkatan kualitas pembelajaran SKI ini dilihat dari hasil belajar ranah kognitif peserta didik setelah guru menerapkan strategi penyampaian pembelajaran. 3) Strategi pengelolaan guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung yaitu, memberikan motivasi atau menarik perhatian, menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa, mengingatkan kompetensi prasyarat, menilai penampilan peserta didik, dan memberikan umpan balik. Kualitas pembelajaran SKI di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung mengalami peningkatan dengan prosentase 6%. Peningkatan kualitas pembelajaran SKI ini dilihat dari hasil belajar ranah afektif setelah guru menerapkan strategi strategi pengelolaan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173072 UMI NADLIFAH
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:27
Last Modified: 09 Aug 2021 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20274

Actions (login required)

View Item View Item