UPAYA GURU PADA PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI SDN BETET 1 KEDIRI

FEBRIANTI NUR KUSUMA DEWI, 12205173036 (2021) UPAYA GURU PADA PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK MENANAMKAN KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI SDN BETET 1 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (926kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

ABSTRAK Febrianti Nur Kusuma Dewi. NIM 12205173036. Upaya guru pada Pendidikan Inklusi untuk Menanamkan Karakter Sosial Peserta Didik di SDN Betet 1 Kediri. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing H. Muh Nurul Huda,M.Pd Kata Kunci: Upaya Guru, Pendidikan Inklusi, Menanamkan Karakter Sosial Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menanamkan karakter sosial pada peserta didik terlebih di sekolah berbasis inklusi. Pendidikan masih disampingkan oleh masyarakat, terutama mereka yang memiliki keterbelakangan mental dan memerlukan pendampingan khusus yang seharusnya mendapatkan hak yang sama dengan anak normal lainnya untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Hingga saat ini masih banyak dari mereka yang mengalami diskriminasi dalam dunia pendidikan, yang menyebabkan mereka tidak leluasa dalam belajar, bermain, bergaul serta berinteraksi dengan teman dan lingkungannya secara normal. Dalam hal ini SDN Betet 1 Kediri yang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi juga ikut berperan dalam menanamkan karakter sosial peserta didiknya sebagai bekal untuk kehidupan yang akan datang pada lingkungan masyarakat nantinya . Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana guru pada pendidikan inklusi untuk menanamkan karakter sosial disiplin peserta didik di SDN Betet 1 Kediri? (2) Bagaimana guru pada pendidikan inklusi untuk menanamkan karakter sosial toleransi peserta didik di SDN Betet 1 Kediri? (3) Bagaimana guru pada pendidikan inklusi untuk menanamkan karakter sosial tanggung jawab peserta didik di SDN Betet 1 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala sekolah, guru reguler kelas 2, guru pada kelas khusus anak berkebutuhan khusus (ABK) kelas 2, guru terapi, orangtua atau wali siswa dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) guru pada pendidikan inklusi untuk menanamkan karakter sosial disiplin peserta didik dengan pemberian nasihat, sanksi, tugas membantu orang tua, jadwal ibadah dengan pengawasan orang tua, upacara bendera (2) guru pada pendidikan inklusi untuk menanamkan karakter sosial toleransi peserta didik dengan memberikan penilaian seimbang antara ABK dan reguler, ilutrasi video, nasihat untuk saling menghargai, menanamkan karakter baik bahwa setiap orang itu istimewa. (3) guru pada pendidikan inklusi untuk menanamkan karakter sosial tanggungjawab peserta didik dengan mengingatkan siswa, pemberian jadwal piket, struktur organisasi, meningkatkan kesabaran, bertindak keras, kunjungan orang tua, hadiah, pemberian nasihat terkait dengan cita-cita siswa, dan pemberian pujian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173036 FEBRIANTI NUR KUSUMA DEWI
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:01
Last Modified: 09 Aug 2021 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20281

Actions (login required)

View Item View Item