ZUMROTUL AKMALA, 12205173058 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI MANBAUL ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (934kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (807kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (616kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Online dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, oleh Zumrotul Akmala. NIM. 12205173058. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan jurusan PGMI dengan Dosen Pembimbing Bapak Drs. H. Jani, MM, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Online Pembelajaran online adalah sistem pembelajaran yang dilaksanakan dimasa pandemi covid-19. Termasuk MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Dalam implementasi pembelajaran online ada beberapa permasalahan, diantaranya yaitu: Guru dan siswa mengeluh dengan kuota internet. Siswa tidak memahami materi dari guru dengan baik. Tidak semua guru mengetahui media atau aplikasi yang sesuai dengan pembelajaran online SD/MI. Kurangnya perhatian orang tua kepada implementasi pembelajaran online. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran online?, 2) Apa saja faktor hambatan, dan dukungan?, serta 3) Bagaimana Solusi hambatan implementasi pembelajaran online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung?. Untuk itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Implementasi pembelajaran online, 2) Faktor hambatan, dan dukungan, serta 3) Solusi hambatan pembelajaran online dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung Penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes tulis, angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil penelitian meliputi: 1) Implementasi pembelajaran online di MI Manbaul Ulum Buntaran melalui grop whatsapp. Dengan cara guru mengirimkan link video youtube untuk materi dan google from untuk tugas ke grop whatsapp. 2) Faktor hambatannya yaitu: a) Guru dan siswa mengeluh dengan pengeluaran kuota internet, b) Siswa tidak dapat mnerima materi dengan baik, c) Kurangnya dukungan dari orang tua, d) Tidak semua guru bisa memilih aplikasi atau media yang sesuai. Sedangkan dukungannya yaitu: a) Waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien, b) Dapat dilaksanakan di mana pun dengan tetap terhubung dengan internet. 3) solusi hambatannya yaitu: a) Komunikasi antara guru, siswa dan orang tua, b) Adanya dukungan orang tua, c) Pengontrolan anak dalam implementasi pembelajaran online. d) Guru harus belajar teknologi untuk penyesuaian pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173058 ZUMROTUL AKMALA |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:09 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20352 |
Actions (login required)
View Item |