ASEP NURFAJRI, 12205173193 (2021) PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VI SDN 1 NGLEBENG DI MASA PANDEMI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (321kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (361kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (449kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Asep Nurfajri. 12205173193. Pembelajaran Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas VI SDN 1 Nglebeng di Masa Pandemi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Ridhlo Al-Qodri Sri Utomo, M.A Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Tutor sebaya Ditengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta informasi. Pembelajaran dilakukan dengan mengikuti perkembangan zaman sesuai kebutuhan dalam dunia pendidikan. Termasuk dengan proses belajar mengajar, dengan memanfaatkan metode tutor sebaya sebagai metode pembelajaran yang berbasis interaktif yang dapat dikombinasikan dengan metode dan model pembelajarn lainya diharapkan dapat membantu meningkatkan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Khusunya di SDN 1 Nglebeng Panggul Trenggalek. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Memaparkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya pada siswa kelas VI SDN 1 Nglebeng dimasa pandemi,. (2) Memaparkan kendala pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya dimasa pandemi,. (3) Memaparkan solusi pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber datanya adalah Guru kelas VI SDN 1 Nglebeng, guru Pendidikan Agama Islam SDN 1 Nglebeng, dan siswa SDN 1 Nglebeng. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama, proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan sudah melakukan sosialai terlebih dahulu kepada pihak pihak yang bersangkutan, dimana pembelajaran dilakukan lebih banyak dirumah masing-masing siswa dengan bentuk kelompok kecil sesuai area terdekat. Kedua, kendala yang sering ditemui guru saat melaksanakan pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya yaitu guru harus bergantian memberikan materi pada masing masing kelompok yang jaraknya jauh sehingga banyak waktu terbuang, orang tua tidak mendampingi anaknya saat pembelajaran dilaksanakan, siswa malas, dan lain-lain. Ketiga, solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala diatas yaitu dengan memanfaatkan pembelajaran daring, membuatkan media pelajaran secara sederhana, mengajak siswa untuk membangkitkan minat eksplorasi dengan tugas yang menantang seperti membuat kerajinan tangan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173193 ASEP NURFAJRI |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:12 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20355 |
Actions (login required)
View Item |