KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ELVA ELVI SANATEN, 12207173079 (2021) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsnawiyah Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulunggaung”, ini ditulis oleh Elva Elvi Sanaten, NIM 12207173079, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Luluk Indarti, M.Pd. Kata kunci : Kompetensi Manajerial, Kepala Madrasah, Meningkatkan kinerja guru Penelitian ini membahas tentang Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Sebelum meningkatkan kinerja guru, kepala madrasah harus meningkatkan terlebih dahulu kinerja sebagai seorang pemimpin. salah satu kinerja pemimpin yaitu mengelola lembaga pendidikan dengan baik serta dapat maju dan berkembang. Pemimpin yang mampu meningkatkan kinerjanya sendiri dapat meningkatkan kinerja para guru maupun staf lainnya. Dalam peningkatan kinerja guru, kepala madrasah melaksanakannya sesuai dengan kompetensi yag dimilikinya. Dalam hal ini, kompetensi yang dimiliki kepala madrasah dapat meningkatkan kinerja guru maupun staf lainnya. Fokus penelitian skripis ini adalah (1) Perencanaan kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir (2) Pelaksanaan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir (3) Evaluasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir (2) untuk mengethaui pelaksanaan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir (3) untuk mengetahui evaluasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala madrasah, hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dan peningkatan terhadap kompetensi kepala madrasah agar mampu memberikan kualitas kinerja guru dengan baik dan profesional di dalam MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, kepala tata usaha, dan guru MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi credibility. Tranferability, dependability, confirmability. Hasil analisis data ditemukan bahwa : (1) perencanaan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir yaitu dengan tahap penyusunan Rencana Kerja Madrasah dengan melalui rapat bersama. Selain itu, kepala madrasah memberikan kebijakan untuk dalam perencanaanya untuk mengikuti program-program pelatihan, workshop. Seminar, maupun MGMP. Dalam kondisi pandemi perencanaan yang dilaksanakan kepala madrasah tidak menggunakan rencana kerja madrasah melainkan kurikulum darurat. Dalam program pembelajaran, kepala madrasah menyarankan untuk menggunakan sistem online dan memberikan kebebasan para guru untuk memodifikasi pembelajaran dengan menarik untuk bertujuan dapat meningkatkan profesionalsime dengan belajar lebih dalam untuk hal penggunaan sosial media (2) pelaksanaan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningktakan profesionalisme guru dengan memberikan arahan kepada guru untuk mengikuti seminar online yang dilaksanakan oleh Kemeterian Agama serta memberikan dukungan, motivasi dalam peningkatan profesionalisme guru pada pandemi saat ini (3) evaluasi ini dilaksankan secara formal maupun informal. Dalam pandemi evaluasi hanya dilaksanakan setiap 1x dalam 1 minggu dengan mengumpulkan laporan kinerja, guna untuk mengetahui perkembangan profesionalisme guru dalam hal mengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173079 elva
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:29
Last Modified: 09 Aug 2021 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item