PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA TIPE KEPRIBADIAN PLEGMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK

SAFIRA NUR RAHMA, 12204173164 (2021) PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA TIPE KEPRIBADIAN PLEGMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual Siswa Tipe Kepribadian Plegmatis pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Safira Nur Rahma NIM 12204173164, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Tipe Kepribadian Plegmatis Pemahaman konseptual adalah pemikiran siswa dalam memahami konsep matematika sehingga siswa tersebut mampu menyatakan ulang konsep yang sudah dipelajari, memberikan contoh yang konkret dan mampu mengaplikasikan konsepnya pada suatu permasalahan untuk menemukan solusi pemecahan masalah. Proses pembelajaran matematika memerlukan pemahaman konseptual yang baik. Pemahaman konsep yang baik dapat mempermudah siswa dalam memahami materi sehingga penyampaian materi lebih akurat. Hal itu perlu dilakukan kepada siswa dengan 4 kepribadian berdasarkan Teori Hippocrates Galenus. Dalam hal ini pemahaman konseptual dihubungan dengan tipe kepribadian plegmatis karena hasil angket kepribadian yang diberikan kepada kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 terdapat kepribadian plegmatis yang paling dominan. Selain itu pemilihan materi barisan dan deret disesuaikan dengan indikator pemahaman konseptual serta materi tersebut baru saja diperoleh siswa. Sehingga hasil tes yang diperoleh siswa dapat dikerjakan lebih maksimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa tingkat tinggi dengan kepribadian tipe plegmatis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret kelas XI MAN 1 Trenggalek tahun 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa tingkat sedang dengan kepribadian tipe plegmatis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret kelas XI MAN 1 Trenggalek tahun 2020/2021. 3) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa tingkat rendah dengan kepribadian tipe plegmatis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret kelas XI MAN 1 Trenggalek tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa dengan kepribadian tipe plegmatis. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket kepribadian, soal tes pemahaman konseptual dan wawancara. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Subjek 1 dan Subjek 2 memenuhi semua indikator sehingga S1 dan S2 dapat dikatakan memiliki pemahahaman konseptual yang tinggi. (2) Subjek 3 dan Subjek 4 memenuhi indikator memenuhi tiga indikator pemahaman konseptual, sehingga dapat disimpulkan bahwa Subjek 3 dan Subjek 4 memiliki kemampuan pemahaman konseptual yang sedang. (5)Subjek 5 dan Subjek 6 memenuhi duaa indikator pemahaman konseptual, sehingga dapat disimpulkan bahwa Subjek 5 memiliki pemahaman konseptual yang rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173164 SAFIRA NUR RAHMA
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:34
Last Modified: 10 Aug 2021 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item View Item