PERANAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 5 BLITAR

WAFIYATUL ULYA, 12201173199 (2021) PERANAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman pada Siswa Kelas VII di MTsN 5 Blitar ini ditulis oleh Wafiyatul Ulya, NIM. 12201173199, pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd Kata Kunci: peranan guru, akidah akhlak, menanamkan nilai-nilai keislaman Nilai-nilai keislaman ini sangat penting untuk ditanamkan karena ini akan menjadi pedoman dan pegangan dalam kehidupan siswa di masa mendatang. Dalam upaya menanamkan nilai keislaman ini peran guru akidah akhlak sangat dibutuhkan sebagai motivator dan inisiator. Sebab dizaman sekarang ini banyak orang dengan identitas muslim damun tidak mencerminkan nilai keislaamn dalam keseharinnya. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa kelas VII di MTsN 5 Blitar tahun 2020/2021? 2). Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai inisiator dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa kelas VII di MTsN 5 Blitar tahun 2020/2021? 3). Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa kelas VII di MTsN 5 Blitar tahun 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa kelas VII di MTsN 5 Blitar tahun 2020/2021. 2). Mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai inisiator dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa kelas VII di MTsN 5 Blitar tahun 2020/2021. 3). Mendeskripsikan factor penghambat dan pendukung guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa kelas VII di MTsN 5 Blitar tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data peneltian ini adalah data primer dari kepala madrasah, guru akidah akhlak kelas VII, siswa MTsN 5 Blitar dan data sekunder dari guru akidah kelas VIII dan semua yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi triangulasi, meningkatkan ketekunan, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah: 1). Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam menanamkan nilai keislaman pada siswa, guru memberikan reward dalam bentuk pujian atau nilai tambah bagi siswa yang menunjukkan akhlak terpuji, guru memberikan teladan dengan cara yang sederhana misalnya saling menyapa, guru memberikan motivasi secara verbal dengan memberikan nasehat-nasehat dan mengingatkan akibat dari perbuatan tercela 2). Peran guru akidah akhlak sebagai inisiator dalam menanamkan nilai keislaman pada siswa guru menggunakan Teknik bercerita tentang kisah teladan dan kisah nyata terkait balasan untuk setiap perbuatan yang dilakukan, guru menambah pengetahuan dengan memanfaatkan sumber terkini seperti yotube dan facebook, juga mengikuti kajian umum 3). Faktor yang menjadi pendukung guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yaitu orang tua siswa, lingkungan siswa, dan komite madrasah, sedangkan yang menjadi faktor penghambat guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada siswa yaitu orang tua siswa, lingkungan siswa, dan kesadaran siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wafiyatul Ulya
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:30
Last Modified: 10 Aug 2021 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item View Item