PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BLITAR

MUHAMMAD HAKAM ALWAFI, 12201173159 (2021) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Hakam Alwafi, NIM. 12201173159, pembimbing Suwanto, M.S.I. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Religius Peran guru Akidah Akhlak sangatlah penting dalam mengembangkan karakter religius siswa. Segala bentuk kegiatan diupayakan oleh guru Akidah Akhlak dalam rangka meningkatkan pengalaman religius siswa yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter. Tingkat kemuliaan akhlak erat kaitannya dengan tingkat keimanan, yang salah satunya diwujudkan melalui tingkah laku yang terpuji. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah peran Guru Akidah Akhlak sebagai pembimbing dalam mengembangkan karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar? (2) Bagaimanakah peran Guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam mengembangkan karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar? (3) Bagaimanakah peran Guru Akidah Akhlak sebagai komunikator dalam mengembangkan karakter religius siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data terebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, review. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai seorang pembimbing bagi siswanya bergantung dengan pembentukan karakter yang baik yang dimulai dari guru sendiri sebagai contoh dan pemberian pembiasaan melalui kegiatan rutin keagamaan yang dilakukan di sekolah. (2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator merupakan upaya pemberian dorongan kepada siswa yang dapat dilakukan melalui mencontohkan perilaku baik dari guru itu sendiri, pemberian apresiasi, ataupun ucapan motivasi yang dapat membangkitkan gairah semangat dalam belajar serta dapat memotivasi dirinya sendiri agar memiliki akhlakul karimah. (3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai komunikator dengan cara menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan siswa, karena dengan komunikasi guru akan semakin mudah memahami karakter siswa, sehingga siswa memiliki sifat terbuka serta membiasakan siswa memiliki komunikasi yang baik kepada siapapun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173159 MUHAMMAD HAKAM ALWAFI
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:44
Last Modified: 10 Aug 2021 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20487

Actions (login required)

View Item View Item