MUROATUL ISTIQMALIYAH, 12204173008 (2021) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES-GALENUS DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS KELAS VIII DI MTsN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muroatul Istiqmaliyah. NIM. 12204173008, 2021. “Hubungan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dan Kecerdasan Emosional (EI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Teorema Phytagoras Kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus, Kecerdasan Emosional, Teorema Phytagoras Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti terhadap guru serta dilihat dari dokumen nilai matematika siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal dari siswa tersebut. Faktor internal merupakan faktor yang timbul dari dalam diri siswa itu sendiri, salah satu di antaranya adalah sikap siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Sikap siswa dalam belajar berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Sikap ini tercermin di antaranya dari tipe kepribadian serta kecerdasan emosionalnya. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil faktor tipe kepribadian oleh Hippocrates dan Galenus dan kecerdasan emosional siswa. Tipe kepribadian adalah karakteristik setiap individu di mana individu satu dengan individu yang lain tidaklah sama. Tipe kepribadian mempengaruhi bagaimana siswa bersikap dalam proses pembelajaran. Kecerdasan emosional adalah kemampuan siswa dalam mengenali emosi pada dirinya sendiri. Berdasarkan ini masalah pokok yang diteliti dalam penelitian ini adalah hubungan antara tipe kepribadian dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk pada materi teorema phytagoras. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi teorema phytagoras di MTsN 3 Nganjuk; (2) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi teorema phytagoras di MTsN 3 Nganjuk; dan (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi teorema phytagoras di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah 360 siswa dengan 59 di antaranya sebagai sampel berdasarkan random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, lembar tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan regresi berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) 26.0 for Windows. Hasil analisis dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dan hasil belajar matematika siswa pada materi teorema phytagoras berdasarkan pada nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika siswa pada materi teorema phytagoras berdasarkan pada nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema phytagoras berdasarkan pada nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05. Sedangkan persentase pengaruh antara tipe kepribadian dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika diperoleh 17,8% dan 82,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain tipe kepribadian Hippocrates-Galenus dan kecerdasan emosional.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Muroatul Istiqmaliyah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 05:07 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 05:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20499 |
Actions (login required)
View Item |