ANALISIS KEMAMPUAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ANISYA NURBAITI, 12205173114 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Guru Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Anisya Nurbaiti, NIM 12205173114, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh H. Muh.Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Analisis Kemampuan Guru pada Pembelajaran Tematik Penelitian ini membahas tentang Analisis Kemampuan Guru pada Pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Peran seorang Guru sangatlah penting dan berpengaruh pada peserta didik dan Guru sangat berperan utama di dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran Tematik, Kemampuan guru sangat berkaitan erat dengan pengakuan masyarakat atas status guru sebagai suatu jabatan profesional, Profesional guru dapat dicapai dengan meningkatkan kualitas kemampuan mengajar dan kemampuan Kompetensi. Guru yang profesional adalah Guru yang memiliki keahlian sebagai guru tidak hanya memenuhi berbagai kualifikasi, baik kepribadian Kemampuan mengajar penguasaan spesialisasi dalam bidang studi tertentu. khususnya pada Pada Pembelajaran Tematik. Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Kemampuan Guru Pada Kompetensi Pedagogik dalam pembelajaran Tematik Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana Kemampuan Guru Pada Kompetensi Kepribadian dalam Pembelajaran Tematik Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana Kemampuan Guru pada Kompetensi Profesional dalam Pembelajaran Tematik guru di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung? (4) Bagaimana kemampuan Guru pada Kompetensi Sosial dalam Pembelajaran Tematik Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Kemampuan Guru pada Kompetensi Pedagogik dalam pembelajaran Tematik Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Kemampuan Guru pada Kompetensi Kepribadian dalam Pembelajaran Tematik Guru di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui Kemampuan Guru pada Kompetensi Profesional dalam Pembelajran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (4) Untuk Mengetahui Kemampuan Guru Pada Kompetensi Sosial dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Hasil Penelitian ini dapat di jadikan bahan Masukan dan pertimbangan dalam upaya meningkatkan Kemampuan guru dan keprofesionalan guru dalam mengajar dalam menyempurnakan peran Guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya Pembelajaran Tematik di tingkatan Madrasah Ibtidaiyah ataupun Tingkat sekolah Dasar. khususnya di lembaga sekolah Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan mengambil latar peran seorang guru tentang kemampuannya mengajar pembelajaran khususnya pada pembelajaran Tematik guru-guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati wetan Sumbergempol Tulungagung yang mengampu pembelajaran tematik dan sebagai wali kelas atau guru kelas. Sumber data Penelitian ini di ambil dari kepala Madrasah dan Guru yang mengampu pembelajaran Tematik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi dan wawancara mendalam dan Dokumentasi, Analisis data Pada penelitian ini menggunakan reduksi data dan Penyajian data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan Guru sangat di perlukan dalam prosespembelajaran khususnya pembelajaran Tematik (2) Guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan sumbergempol Tulungagung secara keseluruhan hanya beberapa saja yang mampu memberikan pembelajaran tematik yang sesuai dengan Kompetensi. (3) sebagian besar guru mampu menggabungkan materi yang ada di pembelajaran Tematik dengan slaras dan menyatu. (4) Guru Kesulitan dalam Mengampu Pembelajaran Tematik yang ada beberapa Sub Tema mata pelajaran sebagain guru sulit Mmeadukan dengan media pembelajaran ataupun Alat Peraga Eduktif rata rata yang kesulitan guru di usia Tua. (5) Semua Guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung sudah menerapkan kompetensi apalag sekolahan ini berbasis islam, Kompetensi Kepribadian salah satu Kompetensi yang paling di kuasai. (6) Pada Proses Pembelajaran Tematik guru mampu untuk kreatif baik dalam menyampaikan kegiatan belajar untuk siswa, juga hal dalam memilih Kompetensi dari berbagai Mata pelajaranmenjadi lebih menattik dan bermakna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173114 ANISYA NURBAITI
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:08
Last Modified: 13 Aug 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20521

Actions (login required)

View Item View Item