RISQIA DWI ULFIANI, 12205173127 (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI THOLIBIN KARANGSONO 02 KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (720kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (646kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Matematika di MI Tholibin Karangsono 02 Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Risqia Dwi Ulfiani NIM 12205173127, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Muhammad Zaini, M.A Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Media Pembelajaran. Kompetensi merupakan kemampuan pemahaman guru terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan sebagainya. Perancangan dalam hal ini adalah media pembelajaran. Media pembelajaran saat ini merupakan sesuatu yang wajib adanya pada dunia pendidikan, sehingga mengharuskan guru untuk menggunakan media pada proses pembelajaran. Apabila media yang dibutuhkan tidak tersedia, maka menjadi tanggungjawab seorang guru untuk membuatnya sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam merancang pembuatan media pembelajaran matematika di MI Tholibin Karangsono 02 Kanigoro Blitar. (2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika di MI Tholibin Karangsono 02 Kanigoro Blitar. (3) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi penggunaan media pembelajaran matematika di MI Tholibin Karangsono 02 Kanigoro Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (kepala madrasah, guru kelas (2, 3, 4) dan siswa) serta data sekunder. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi metode, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, kompetensi pedagogik guru dalam merancang pembuatan media pembelajaran matematika meliputi membuat ide atau gagasan, menganalis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan, menentukan kerangka isi bahan pelajaran, menentukan jenis media, menentukan bahan atau alat yang digunakan, pelaksanaan pembuatan media, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi. Kedua, kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika meliputi (1) Persiapan: menyiapkan RPP, sumber belajar dan media. (2) Pelaksanaan/penyajian: memastikan media sudah siap digunakan, menjelaskan tujuann yang akan dicapai, menjelaskan kepada siswa hal apa saja yang harus dilakukan saat pembelajaran, mengamati kondisi kelas dan lingkungan sekitar agar tidak menganggu konsentrasi saat belajar dan penyajian media dalam pembelajaran. (3) Tindak lanjut: guru melakukan observasi dan melakukan evaluasi dengan memberikan latihan atau tes. Ketiga, kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi penggunaan media pembelajaran matematika meliputi: memberikan penjelasan kepada siswa, memberikan pretest, mencatat waktu, menyajikan media, melakukan post test dan melakukan analisa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173127 RISQIA DWI ULFIANI |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:36 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20522 |
Actions (login required)
View Item |