ARINDA GITA SAVITRI, 12205173287 (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (266kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Al-Hidayah 02 Betak, Kalidawir, Tulungagung” ini ditulis oleh Arinda Gita Savitri, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, NIM. 12205173287, Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Media Pembelajaran Tematik, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada usia sekolah dasar (SD/MI) anak mengembangkan pemikiran logis. Terikat pada fakta-fakta yang ada di lingkungan mereka. Atas dasar tersebut kreativitas guru tersebut dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran dalam pembelajaran tematik. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini yaitu “Kreativitas Guru” yang kemudian dijabarkan melalui tiga pertanyaan di antaranya: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran tematik yang sesuai dengan kebutuhan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak? , (2) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran tematik yang sesuai dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak? , (3) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran tematik yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Al-Hidayah 02 Betak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan yaitu dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan,dan trianggulasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: memerlukan perhatian dan teknologi, memperhatikan pengalaman, perkembangan dan keadaan zaman; pemahaman pengintegrasian antar mata pelajaran, memperhatikan lingkungan sosial, sumber daya alam, dan kebudayaan sekitar; memanfaatkan bahan yang ada disekitar, kesadaran akan kreativitas, semangat untuk berinovasi, dan ide-ide baru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173287 ARINDA GITA SAVITRI |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 02:03 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20536 |
Actions (login required)
View Item |