PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL DAN KECERDASAN NATURALIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DI MI JOSO PANEKAN MAGETAN

ULFI HUSNA SA’IDAH, 12205173167 (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL DAN KECERDASAN NATURALIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DI MI JOSO PANEKAN MAGETAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (327kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Audio Visual dan Kecerdasan Naturalis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA di MI Joso Panekan Magetan” ditulis oleh Ulfi Husna Sa’idah, NIM. 12205173167. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. NIP. 197608272005011005 Kata Kunci: Media Audio Visual, Kecerdasan Naturalis, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang adanya variasi penggunaan media pembelajaran pada materi IPA. Sehingga berdampak pada kurangnya rendahnya hasil belajar siswa. Dibutuhkan media yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Media audio visual merupakan media yang memadukan unsur suara dan gambar sehingga dengan media ini diharapkan dapat memaksimalkan hasil belajar siswa. Howard Gardner mengatakan bahwa kecerdasan naturalis dapat membantu siswa dalam mengkategorikan hewan dan tumbuhan berdasarkan kesamaan tertentu. IPA merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan tak hidup diantaranya hewan, tumbuh-tumbuhan, planet, dan segala yang ada didalamnya. Penelitian ini mengambil rumusan masalah sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan (2) Adakah pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan (3) Adakah pengaruh yang signifikan media audio visual dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan (2) untuk menguji pengaruh kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan (3) untuk menguji pengaruh media audio visual dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan one group pretest-posttest desain. Populasi berjumlah 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan test (pretest dan posttest). Teknik analisis data menggunakan uji t-test, uji F, dan analis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan. Hasil perhitungan data menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasaan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan. Hasil perhitungan menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,733 > 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan media audio visual dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di MI Joso Panekan Magetan dimana nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai Rsquare besar pengaruh yang dihasilkan yaitu 36,4%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173167 ULFI HUSNA SA’IDAH
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:50
Last Modified: 12 Aug 2021 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item