STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI MTSN 8 KEDIRI

NIRMALA DIAH AGISTIS, 12207173042 (2021) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI MTSN 8 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (745kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (408kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan citra lembaga di MTsN 8 Kediri” di tulis oleh Nirmala Diah Agistis, NIM 12207173042, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Pendidikan, Citra Lembaga Pendidikan Fenomena menarik terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama saat penerimaan peserta didik baru. Masyarakat seakan sudah mengerti madrasah mana yang layak untuk menyekolahkan putra/putrinya, bagi mereka kriteria madrasah yang berhasil meningkatkan citra yang unggul dan berkualitas adalah madrasah yang mampu mengikuti perkembangan zaman yang sekarang ini persaingan dalam pemasaran semakin meningkat. Dalam hal ini penelitian dilakukan di MTsN 8 Kediri mengingat madrasah ini memiliki karakter unggul dan memiliki citra lembaga yang positif di mata masyarakat. Selain itu madrasah memiliki strategi pemasaran pendidikan yang berkualitas setiap tahunnya untuk memikat para pengguna jasa yang nantinya dapat meningkatkan citra lembaga. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana formulasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga? (2) bagaimana implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga? (3) bagaimana evaluasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknis analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) formulasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MTsN 8 Kediri itu dilakukan a) pada rapat awal tahun pelajaran yang dipimpin oleh kepala madrasah b) merumuskan/menerapkan visi, misi, dan tujuan, c) pembentukan tim pemasaran yaitu tim promosi, tim IT, dan tim PPDB, d)menetapkan sasaran/target pemasaran pendidikan, e) menentukan alat atau media promosi, f) menyelenggarakan kegiatan pengenalan lembaga kepada masyarakat dan calon peserta didik dengan mengadakan program-program yaitu Try Out/MIPA, program unggulan/prestasi (akademik atau non akademik), program reguler (tes tulis dan tes lisan) yang akan ditunjukkan kepada siswa-siswi tingkat MI/SD, g) mengenalkan letak geografis yang cukup memadai dan mudah dijangkau, h) menetapkan kebijakan terkait program pemasaran pendidikan yang akan diimplementasikan. (2) implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MTsN 8 Kediri dilaksanakan oleh a) tim-tim yang sudah dibentuk meraka saling koordinasi melakukan tugas sesuai tupoksinya, b) implementasi penyebaran menggunakan alat atau media promosi dengan memperlihatkan program unggulan, ciri khas, dan lokasi/tempat madrasah serta sarana prasarana penunjang proses pembelajaran yang ada di madrasah, c) pelaksanaan program-program yang telah diformulasikan, d) program ini di adakan sebelum pergantian semester pada bulan Maret sampai dengan waktu yang ditentukan madrasah, e) pembiayaan program atau kegiatan implementasi pemasaran pendidikan dan daftar ulang penerimaan peserta didik baru. (3) evaluasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MTsN 8 Kediri yaitu a) melalui rapat semua unsur yang telah ditetapkan oleh lembaga dengan membahas kinerja, b) melaporkan hasil program dan kendala yang diperoleh untuk dibahas lebih lanjut guna dicarikan solusi yang tepat untuk diimplementasikan pada tahun berikutnya, c) menggunakan model memperbaiki serta memperkembangkan program yang telah berjalan untuk meningkatkan citra lembaga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173042 NIRMALA DIAH AGISTIS
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:36
Last Modified: 12 Aug 2021 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20587

Actions (login required)

View Item View Item