RIZQI AMALIA, 12207173011 (2021) PERAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh Rizqi Amalia, NIM. 12207173011, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag, NIP. 197608272005011005. Kata Kunci : Peran, Tenaga Kependidikan, Mutu Layanan Administrasi Peran tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelyanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada suatu pendidikan. Hal ini merupakan sub sistem berbentuk struktur organisasi yang saling berkaitan dan memiliki sifat dominan terhadap pelaksanaan pengelolaan layanan administrasi pendidikan. Mutu layanan administrasi yang baik muncul dari suatu kinerja para pegawai yang menaungi dalam bidangnya masing-masing. Segala proses yang terjadi di Madrasah berpacu pada Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Blitar. Layanan administrasi dibutuhkan pada awal pelaksanaan kegiatan samapai dengan akhir kegiatan berlangsung. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran tenaga kependidikan di MTs Negeri 6 Blitar ? 2) Bagaimana pengelolaan mutu layanan administrasi di MTs Negeri 6 Blitar ? 3) Bagaimana hambatan dan solusi dalam meningkatkan mutu layanan administrasi pendidikan di MTs Negeri 6 Blitar ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran tenaga kependidikan di MTs Negeri 6 Blitar. 2) Untuk mengetahui pengelolaan mutu layanan administrasi di MTs Negeri 6 Blitar. 3) Untuk mengetahu hambatan dan solusi dalam meningkatkan mutu layanan administrasi pendidikan di MTs Negeri 6 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Pada teknik analisis data penelitian ini menggunakan pola interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam teknik analisis data berguna pada pemaparan data yang lebih konseptual. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran tenaga kependidikan memiliki tugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis di MTs Negeri 6 Blitar yang sudah ter-Organisir dengan baik, seperti halnya susunan struktur dan pembagian job description sesuai keahlian dan ketrampilan pada bidangnya masing-masing, pada dasarnya komponen yang ada didalamnya memiliki sifat berkesinambungan dan tidak dapat dipisahkan. Kedua, pengelolaan mutu layanan administrasi di MTs Negeri 6 Blitar sudah terlaksana sesuai prinsip manajemen yaitu POAC dan sesuai dengan prosedur pengelolaan yang telah ditetapkan oleh MTs Negeri 6 Blitar. Dalam pengelolaan layanan pendidikan di MTs Negeri 6 Blitar selalu melibatkan stakeholders yang ada. Pada sistem pengelolaan administrasi di MTs Negeri 6 Blitar hampir semua sudah menggunakan sistem online berbasis komputer dan pelaksanaan pengelolaan administrasi pendidikan diawasi oleh bagian supervaisor dari pusat yang bertugas mengawasi, mengontrol, dan membimbing dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan administrasi. Ketiga, adapun hambatan dalam layanan administrasi pendidikan yaitu di MTs Negeri 6 Blitar yaitu belum bisa terlaksana pembayaran administrasi siswa (SPP) melalui sistem Bank setelah melakukan uji coba dan belum bisa terlaksananya sistem layanan 1 pintu. Sedangkan Faktor pendukung dalam proses layanan administrasi pendidikan diantaranya SDM yang berkualitas, dan adanya pembinaan dan pelatihan setiap saat yang dilakukan oleh pusat maupun swasta untuk mendukung skill pegawai dalam meningkatkan mutu layanan administrasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207173011 RIZQI AMALIA |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 04:00 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20591 |
Actions (login required)
View Item |