PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

NUR WIDA AMINATUZ AZZA, 12205173095 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul "Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di MIN 5 Tulungagung" ditulis oleh Nur Wida Aminatuz Azza, NIM. 12205173095, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Lingkungan keluarga adalah pola interaksi antara individu dalam keluarga yang mengarah pada terbentuknya perilaku tertentu. Lingkungan keluarga yang mendukung dan baik dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi sangat berperan penting dalam terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar yang akan berlangsung. Hal tersebut dapat memicu peningkatan prestasi belajar peserta didik. Peneliti ingin menghubungkan masalah lingkungan keluarga terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. (2) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. (3) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIN 5 Tulungagung yang berjumlah 51 peserta didik dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji imanova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r hitung = 0,504 dan sig = 0,000. Karena nilai r hitung > r tabel atau 0,504 > 0,279 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H ɑ diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi peserta didik di MIN 5 Tulungagung. (2) Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r hitung = 0,405 dan sig = 0,000. Karena nilai r hitung > r tabel atau 0,405 > 0,279 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H ɑ diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 5 Tulungagung. (3) Hasil uji manova dipieroleh nilai sig. 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H ɑ diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MN 5 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173095 NUR WIDA AMINATUZ AZZA
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:30
Last Modified: 12 Aug 2021 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20592

Actions (login required)

View Item View Item