NUR WIDA AMINATUZ AZZA, 12205173095 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul "Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di MIN 5 Tulungagung" ditulis oleh Nur Wida Aminatuz Azza, NIM. 12205173095, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Lingkungan keluarga adalah pola interaksi antara individu dalam keluarga yang mengarah pada terbentuknya perilaku tertentu. Lingkungan keluarga yang mendukung dan baik dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi sangat berperan penting dalam terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar yang akan berlangsung. Hal tersebut dapat memicu peningkatan prestasi belajar peserta didik. Peneliti ingin menghubungkan masalah lingkungan keluarga terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. (2) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. (3) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIN 5 Tulungagung yang berjumlah 51 peserta didik dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji imanova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r hitung = 0,504 dan sig = 0,000. Karena nilai r hitung > r tabel atau 0,504 > 0,279 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H ɑ diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi peserta didik di MIN 5 Tulungagung. (2) Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai r hitung = 0,405 dan sig = 0,000. Karena nilai r hitung > r tabel atau 0,405 > 0,279 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H ɑ diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di MIN 5 Tulungagung. (3) Hasil uji manova dipieroleh nilai sig. 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 sehingga H o ditolak dan H ɑ diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik di MN 5 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173095 NUR WIDA AMINATUZ AZZA |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 06:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20592 |
Actions (login required)
View Item |