NAFISATUL FAUZIYAH, 12201173317 (2021) STRATEGI USTADZ DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH NURUL ULUM KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (202kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Ustadz dalam Meningkatkan Minat Baca Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Kota Blitar” ini ditulis oleh NAFISATUL FAUZIYAH, NIM. 12201173317, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Ustadz, Minat Baca, Kitab Kuning Minat terhadap kitab kuning yang menurun harus mendapat perhatian khusus karena dalam kitab kuning terkandung keilmuan-keilmuan Islam yang dapat memperdalam pemahaman tentang Islam. Madrasah diniyah melalui ustadz melaksanakan strategi-strategi meningkatkan minat terhadap kitab kuning. Strategi yang digunakan perlu dikaji dengan seksama karena telah menjadi anggapan dalam benak siswa bahwa belajar membaca kitab kuning memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan perlu dilandasi dengan penguasaan materi yang dianggap cukup sulit. Adapun untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di dalam kelas di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar?, 2) Bagaimana strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di luar kelas di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar?, 3) Bagaimana dampak strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di dalam kelas, di luar kelas, serta dampak strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) Person (orang) yaitu: (a) Kepala madrasah, (b) Waka kurikulum, (c) Ustadz, (d) Siswa. 2) Paper (kertas/dokumen) yaitu dokumentasi target pembelajaran kitab kuning dan kegiatan pembelajaran kitab kuning. 3) Place (tempat) yaitu di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi meliputi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di dalam kelas di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar: (a) memperhatikan kompetensi ustadz, (b) strategi dilaksanakan dengan cerita inspiratif para tokoh terkenal Islam, pemberian motivasi, penggunaan metode mengajar yang menarik, dan penggunaan metode lalaran, (c) faktor pendukung yakni pemanfaatan fasilitas pembelajaran di kelas dan faktor lingkungan, (d) faktor penghambat yakni latar belakang siswa yang berbeda, kegiatan siswa yang padat, rasa putus asa siswa, serta kurikulum yang digunakan, (e) solusi yang digunakan yakni drill baca tulis pegon dan pemberian motivasi. 2) Strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di luar kelas di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar: (a) strategi yang digunakan meliputi kegiatan pendalaman dan strategi spontanitas, (b) strategi yang dilaksanakan melibatkan berbagai pihak, (c) faktor pendukung berupa perpustakaan dan lingkungan, (d) faktor penghambat berupa kegiatan pendalaman tidak wajib, akses menuju tempat kegiatan, dan kemampuan siswa yang berbeda. 3) Dampak strategi ustadz dalam meningkatkan minat baca kitab kuning di madrasah diniyah Nurul Ulum Kota Blitar: (a) terdapat target pada setiap semester, (b) evaluasi program, (c) cara untuk mengetahui minat baca siswa meliputi; tes baca kitab, keaktifan siswa, dan pemahaman siswa, (d) minat baca siswa dipengaruhi oleh materi dan jenjang pendidikan, (e) minat baca siswa berdampak pada kegiatan madrasah diniyah, sekolah formal, dan kehidupan sehari-hari, (f) minat baca siswa berdampak pada ustadz.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173317 NAFISATUL FAUZIYAH |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 08:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 08:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20621 |
Actions (login required)
View Item |