ALFINA RAHMAWATI, 12204173023 (2021) TAKSONOMI SOLO SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA DITINJAU DARI LEVEL KOGNITIF. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (9MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (9MB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (9MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (9MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Taksonomi SOLO Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Level Kognitif” ini ditulis oleh Alfina Rahmawati, NIM. 12204173023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu K eguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Taksonomi SOLO, Level Kognitif, Soal Model PISA Dua puluh tahun terakhir sejak bergabung menjadi partisipan PISA, Indonesia selalu berada di level bawa h . O leh karena itu, perlu untuk mengetahui tingkat potensi yang dicapai siswa selama proses pembelajaran s ebagai bahan evaluasi guru dan siswa dalam mencapai tujuan utama pembelajaran. Taksonomi SOLO merupakan taksonomi yang dikembangkan oleh Biggs dan Collis melalui pembuatan klasifikasi/tingkatan dari respon siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang disajikan. Taksonomi SOLO dapat menggambarkan bagaimana struktur kompleksitas kognitif siswa dari kelima level yang ada. Kelima tahapan tersebut adalah: prastruktural, unistruktural, multistruktural, relational, serta extended abstract . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana taksonomi SOLO siswa dalam meyelesaikan soal literasi matematika model PISA pada level kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes yang diberikan merupakan soal literasi matematika model PISA. Teknik wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi jawaban tertulis subjek. Pemilihan subjek menggunakan teknik purpossive sampling yang terdiri dari 2 subjek level kognitif tinggi, 2 subjek level kognitif sedang dan 2 subjek level kognitif rendah. Hasil dari penelitian ini: (1) Taksonomi SO LO siswa level kognitif tinggi memenuhi indikator tingkat relasional; siswa menunjukkan, menghubungkan dan mengaitkan beberapa metode yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Tingkat multistruktural; memiliki beberapa ide dan menggunakan beberapa metode penyelesaian masalah. Tingkat unistruktural; memahami masalah dan menggunakan metode dengan cara relevan dan konsisten, da n memenuhi/melampaui tingkat prastruktural (2) Taksonomi SOLO siswa level kognitif sedang memenuhi indikator tingkat multistruktural; siswa memiliki beberapa ide dan menggunakan beberapa metode penyelesaian masalah. Tingkat unistruktural; memahami masalah dan menggunakan metode dengan cara relevan dan konsisten, dan memenuhi/melampaui tingkat prastruktural. (3) Taksonomi SOLO siswa level kognitif renda h memenuhi beberapa indikator tingkat unistruktural; siswa memahami masalah dan memiliki ide penyelesaian soal , dan memenuhi tingkat prastruktural.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173023 ALFINA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 08:06 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 08:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20628 |
Actions (login required)
View Item |