TAKSONOMI SOLO SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA DITINJAU DARI LEVEL KOGNITIF

ALFINA RAHMAWATI, 12204173023 (2021) TAKSONOMI SOLO SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA DITINJAU DARI LEVEL KOGNITIF. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Taksonomi SOLO Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Level Kognitif” ini ditulis oleh Alfina Rahmawati, NIM. 12204173023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu K eguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Taksonomi SOLO, Level Kognitif, Soal Model PISA Dua puluh tahun terakhir sejak bergabung menjadi partisipan PISA, Indonesia selalu berada di level bawa h . O leh karena itu, perlu untuk mengetahui tingkat potensi yang dicapai siswa selama proses pembelajaran s ebagai bahan evaluasi guru dan siswa dalam mencapai tujuan utama pembelajaran. Taksonomi SOLO merupakan taksonomi yang dikembangkan oleh Biggs dan Collis melalui pembuatan klasifikasi/tingkatan dari respon siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang disajikan. Taksonomi SOLO dapat menggambarkan bagaimana struktur kompleksitas kognitif siswa dari kelima level yang ada. Kelima tahapan tersebut adalah: prastruktural, unistruktural, multistruktural, relational, serta extended abstract . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana taksonomi SOLO siswa dalam meyelesaikan soal literasi matematika model PISA pada level kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes yang diberikan merupakan soal literasi matematika model PISA. Teknik wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi jawaban tertulis subjek. Pemilihan subjek menggunakan teknik purpossive sampling yang terdiri dari 2 subjek level kognitif tinggi, 2 subjek level kognitif sedang dan 2 subjek level kognitif rendah. Hasil dari penelitian ini: (1) Taksonomi SO LO siswa level kognitif tinggi memenuhi indikator tingkat relasional; siswa menunjukkan, menghubungkan dan mengaitkan beberapa metode yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Tingkat multistruktural; memiliki beberapa ide dan menggunakan beberapa metode penyelesaian masalah. Tingkat unistruktural; memahami masalah dan menggunakan metode dengan cara relevan dan konsisten, da n memenuhi/melampaui tingkat prastruktural (2) Taksonomi SOLO siswa level kognitif sedang memenuhi indikator tingkat multistruktural; siswa memiliki beberapa ide dan menggunakan beberapa metode penyelesaian masalah. Tingkat unistruktural; memahami masalah dan menggunakan metode dengan cara relevan dan konsisten, dan memenuhi/melampaui tingkat prastruktural. (3) Taksonomi SOLO siswa level kognitif renda h memenuhi beberapa indikator tingkat unistruktural; siswa memahami masalah dan memiliki ide penyelesaian soal , dan memenuhi tingkat prastruktural.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173023 ALFINA RAHMAWATI
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:06
Last Modified: 12 Aug 2021 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20628

Actions (login required)

View Item View Item