PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

LILIS PURWANINGSIH, 12201173161 (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik Kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar”ditulis oleh Lilis Purwaningsih, 12201173161, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Muhamad Zaini,M.A Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakang oleh masih ada guru yang menggunakan strategi pembelajaran konvesional yang hanya menjadikan guru sebagai pusat belajar siswa. Masih banyak strategi pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru yang bisa membuat peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pembelajaran konvesional, diantaranya adalah masalah yang diberikan mengenai situasi nyata akan memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Melalui strategi pembelajaranProblem Based Learning (PBL) ini diharapkan hasil belajar siswa kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar akan menjadi lebih baik. Siswa menjadi lebih aktif dan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif fikih peserta didik kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar?. 2) adakah pengaruh yang Signifikan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar afektif fikih peserta didik kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar?. 3) adakah pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar psikomotorik fikih peserta didik kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar?. 4) adakah pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar ? Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Esperimen Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah strategi pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose Sampling (teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu). Analisis data awal menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, sedangkan analisis data akhir menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumplan data yang digunakan adalah tes, angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: pada rumusan masalah 1) diketahui nilai nilai ttabel=1.684 Karena thitung> ttabelatau5.052 > 1.684 dan sig.(2-tailed)=0.000< 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikasi strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. 2) diketahui nilai ttabel=1.684 karena thitung> ttabelatau6.556> 1.684 dan sig.(2-tailed)=0.000< 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar afektif peserta didik. 3) diketahui ttabel=1.684 karena thitung> ttabel atau691 <1,684 dan sig.(2-tailed)=0.492 >0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik. 4) diketahui nilai ttabel=1.684 Karena thitung> ttabel atau2.013 > 1,684 dan sig.(2-tailed)=0.048<0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikasi strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173161 Lilis Purwaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:18
Last Modified: 16 Aug 2021 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20636

Actions (login required)

View Item View Item