STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTsN 2 TRENGGALEK

CANDRA DWI RISTIANI, 12201173314 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Peserta Didik di MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Candra Dwi Ristiani, NIM. 12201173314, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Guru, Nilai Keagamaan Peningkatan degradasi moral terhadap remaja disebabkan oleh beberapa faktor seperti pergaulan bebas, proses sosialisasi yang kurang sempurna, pengaruh budaya barat, kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua serta pendidikannya yang rendah. Fenomena ini tidak hanya merajalela di lingkungan masyarakat, namun dihadapi juga oleh peserta didik dalam lingkungan pendidikan, seperti peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. Oleh sebab itu pihak madrasah terutama para guru berusaha menerapkan metode pendidikan Islam sebagai strategi dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didik agar menjadi manusia yang sempurna atau insan kamil. Fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana metode guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek? 2) Bagaimana proses guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nlai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek? 3) Bagaimana implementasi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek?. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui metode guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. 2) Untuk mengetahui proses guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nlai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. 3) Untuk mengetahui implementasi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan atau pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) metode guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek meliputi, a) Metode keteladanan atau uswah, b) Metode pembiasaan, c) Metode tanya jawab atau hiwwar. 2) Proses guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nlai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek meliputi, a) Pembiasaan wudhu dan shalat fardhu, b) Pembiasaan shalat dhuha, c) pembiasaan doa, d) Pembiasaan membaca Al-Quran, e) Pengamalan puasa. 3) implementasi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan peserta didik di MTsN 2 Trenggalek meliputi, a) Akhlak terhadap Allah, b) Akhlak terhadap diri sendiri, c) Akhlak terhadap keluarga, d) Akhlak terhadap masyarakat, e) Akhlak terhadap lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: candra 122011733314 ristiani
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:27
Last Modified: 18 Aug 2021 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item View Item