PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TPQ MAMBAUL QUR’AN PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

SITI NUR QOMARIYAH, 12206173034 (2021) PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TPQ MAMBAUL QUR’AN PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode An-Nahdliyah sebagai Upaya Meningkatkan Hafalan Surat-surat Pendek Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TPQ Mambaul Qur’an Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Nur Qomariyah, NIM 12206173034, pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Metode An-Nahdliyah, Hafalan Surat-surat Pendek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menggunakan metode dalam proses hafalan surat-surat pendek. Metode yang tepat akan berpengaruh pada peningkatan hafalan surat-surat pendek. Salah satu metode dalam hafalan adalah Metode An-Nahdliyah. Metode ini memiliki keunikan tersendiri dari metode yang lain karena memiliki ketukan yang memudahkan anak dalam menghafal surat-surat pendek.penelitian ini dilakukan di TPQ Mambaul Qur’an Plosokandang karena TPQ tersebut merupakan satu-satunya TPQ di Kedungwaru yang mempraktekkan An-Nahdliyah untuk hafalan surat-surat pendek di TPQ ini juga dikaji kitab dasar sebagai pengenlan ketauhidan, fiqih dasar dan akhlaq. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana perencanaan metode An-Nahdliyah sebagai upaya meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 4-5 tahun di TPQ Mambaul Qur’an Plosokandang ? (2) bagaimana penerapan metode An-Nahdliyah sebagai upaya meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 4-5 tahun di TPQ Mambaul Qur’an Plosokandang ? (3) bagaimana hambatan dan solusi dalam penerapan metode An-Nahdliyah sebagai upaya meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada anak usia 4-5 tahun di TPQ Mambaul Qur’an Plosokandang ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, jenis yang digunakan studi kasus, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, teman sejawat dan memperpanjang keikutsertaan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) perencanaan hafalan metode An-Nahdliyah yaitu menyiapkan silabus,, menyiapkan sarana penunjang, memilih materi pembelajaran, menyiapkan lembar penilaian, dan membaca buku petunjuk. (2) penerapan metode An-Nahdliyah yakni berdo’a membaca asmaul husna, mnggunkan alat peraga, penyampaian materi menggunakan empat metode, mengadakan evaluasi. (3) hambatan penerapan metode An-Nahdliyah dalam hafalan surat-surat pendek diantaranya adalah jumlah guru kurang memadai, dukungan orang tua, kesungguhan anak dalam hafalan, pengaruh teman. Adapun solusinya antara lain mengadakan pelatihan khusus, mensupport perkembangan anak, memberikan pemahaman positif dan memilah pergaulan yang baik untuk anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173034 Siti Nur Qomariyah
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:39
Last Modified: 13 Aug 2021 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item