AYU NOVITASARI, 12205173238 (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Novitasari, NIM 12205173238. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakteristik cara atau sikap belajar siswa yang dikenal dengan gaya belajar siswa. Guru sering tidak memperhatikan gaya belajar siswa, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan di kelas. Selain itu, kurangnya penumbuhan motivasi belajar siswa sehingga prestasi siswa juga kurang memuaskan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah gaya belajar dengan motivasi dan prestasi siswa pada mata pelajaran fikih di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap motivasi siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (3) Apakah terdapat pengaruh secara bersama antara gaya belajar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto korelasional. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas I sampai dengan kelas VI MI Tarbiyatussibyan Tanjung, Kalidawir, Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel dengan tujuan tertentu. Sampel yang dipilih adalah peserta didik kelas II MI Tarbiyatussibyan Tanjung. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat hipotesis (uji normalitas dan linearitas) dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana dan uji manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap motivasi siswa dengan hasil nilai thitung adalah 6,169 dan diketahui nilai ttabel adalah 2,086 dan taraf signifikasi 0,000 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi siswa dengan hasil nilai thitung adalah -2,502 dan diketahui nilai ttabel adalah 2,086 dan taraf signifikasi 0,021 < 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi siswa dengan nilai signifikasi untuk Pilai’s Trace adalah 0,007, Wilks’ Lambda adalah 0,009, Hotelling’s Trace adalah 0,012, dan Roy’s Largest Root adalah 0,011. Jadi, nilai signifikasi lebih kecil daripada taraf signifikasi 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12304173006 BI ALYA ROHMATIKA |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 03:12 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20669 |
Actions (login required)
View Item |