PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

DEWI ROUDHOTUL H., 12201173105 (2021) PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (542kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Teknologi Digital melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini di tulis oleh Dewi Roudhotul H., NIM. 12201173105, di bimbing oleh Bapak Zainudin, S.Pd, M. Pd.I. Kata Kunci: Teknologi Digital, Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini yaitu adanya pandemi covid-19 yang membuat pembelajaran harus dilakukan dengan jarak jauh untuk memutus rantai penyebaran virus. Dalam pembelajaran jarak jauh ini membutuhkan teknologi digital berupa gadget ataupun komputer untuk menunjang proses belajar mengajar pada situasi saat ini. Selain itu juga dibutuhkan sinyal internet yang stabil dalam proses pembelajaran. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Bagaimana evaluasi penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar (2) Mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar (3) Mendeskripsikan evaluasi penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Desa Bakung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triagulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dimulai dari menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, menentukan media atau aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran jarak jauh, membuat video pembelajaran untuk menyampaikan materi, dan membuat soal-soal pada google formulir untuk evaluasi. (2) Pelaksanaan penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dibagi dalam tiga kegiatan. Yang pertama kegiatan pendahuluan, yaitu guru menyampaikan salam pembuka dan ucapan semangat belajar dirumah melalui voice note di grub watsapp kelas, selanjutnya peserta didik melakukan absensi. Yang kedua, kegiatan inti guru memberikan materi kepada peserta didik dengan mengirim link video pembelajaran ke google classroom. Yang ketiga, kegiatan penutup guru memberikan soal-soal kepada peserta didik berupa google formulir untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi. (3) evaluasi penggunaan teknologi digital melalui pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an hadits peserta didik di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yaitu Pembelajaran jarak jauh dinilai tidak lebih baik dari pembelajaran tatap muka, karena kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik. Penggunaan media pembelajaran yang tidak interaktif akan membuat peserta didik sulit meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173105 DEWI ROUDHOTUL H.
Date Deposited: 13 Aug 2021 06:43
Last Modified: 13 Aug 2021 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20693

Actions (login required)

View Item View Item