DESYNTIA RACHMADANI, 12205173017 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI PROGAM LITERASI SEKOLAH PADA KELAS 5 DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ” Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik melalui Progam Literasi Sekolah pada Kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung”, ditulis oleh Desyntia Rachmadani, NIM 12205173017 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Prof.Dr.Hj.Elfi Mu’awwanah,S.Ag.M.Pd. Kata kunci : Strategi, Minat Baca, progam Literasi Sekolah Meningkatnya minat baca di Indonesia belum cukup signifikan ketika penerapan kurikulum 2013 sudah diberlakukan sejak tahun 2013. Menurut asumsi peneliti bahwa minat baca peserta didik akan meningkat bila guru secara efektif mampu memanfaatkan progam literasi sekolah dengan strategi Pembelajaran yang menyenangkan. Bila tidak, maka peserta didik kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas literasi sekolah. Hasil observasi pada peserta didik kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir strategi guru telah mampu mendorong dalam menumbuhkan minat baca peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik melalui progam literasi sekolah lingkungan fisik pada kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut? 2) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik melalui progam literasi sekolah lingkungan social dan afektif pada kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut? 3) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik melalui progam literasi sekolah lingkungan akademik pada kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut? Penelitian ini dilakukan di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan jenis penelitian fenomenologis. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai strategi guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik melalui progam literasi sekolah pada kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut menunjukkan bahwa : 1) Strategi guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di lingkungan fisik sekolah pada kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut adalah strategi Pembelajaran berorientasi pada aktivitas peserta didik. 2) Strategi guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik melalui progam literasi sekolah lingkungan social dan afektif pada kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut adalah strategi pembelajaran afektif. 3) Strategi guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik melalui progam literasi sekolah lingkungan akademik pada kelas 5 di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut adalah stratagi pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173017 DESYNTIA RACHMADANI |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 01:52 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20793 |
Actions (login required)
View Item |