IFTI TAKHIYATUR ROSYDAH, 12205173217 (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN E-LEARNING MADRASAH PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Penggunaan e-learning madrasah dalam Pembelajaran daring di MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Umi Nadhirah, NIM 12205173217 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2020, dosen pembimbing: Mustofa, S.S, M.Pd. Kata Kunci: Penggunaan e-learning madrasah, Pembelajaran daring Dalam sebuah pembelajaran diperlukan adanya media yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media harus didasari pada keadaan serta kondisi dari peserta didik. Namun fenomena yang ada, penggunaan media belum sepenuhnya mewakili tercapainnya tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu guru dalam pembelajaran digunakan media yang tepat yaitu e-learning madrasah dalam pembelajaran, agar materi yang dijelaskan dapat dipahami oleh peserta didik. Fokus penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning di kelas V MIN 11 Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning di kelas V MIN 11 Blitar? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning di kelas V MIN 11 Blitar? Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring dengan menggunakan e�learning di kelas V MIN 11 Blitar; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning di kelas V MIN 11 Blitar, 3) Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning di kelas V MIN 11 Blitar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah wawancara dari kepala sekolah, wali kelas V, dan peserta didik kelas V. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa implementasi penggunaan e�learning dalam pembelajaran daring di kelas V MIN 11 Blitar yaitu 1) perencanaan pembelajaran daring menggunakan e-learning madrasah di MIN 11 Blitar, seperti Guru menentukan tujuan dan kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran, guru membuat perencanaan pembelajaran (RPP sesuai dengan anjuran pemerintah) atau sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat melaksanakan pembelajaran daring, pembuatan media pembelajaran dengan pembuatan bahan ajar yang disajikan dalam bentuk word atau link video pembelajaran, penugasan diberikan sesuai dengan materi, baik berupa soal atau produk karya peserta didik, pemberian penilaian dilakukan sesuai dengan tugas yang diberikan pada KI 3 atau KI 4 dan pemberian feedback sesuai dengan pengerjaan peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan e�learning madrasah di MIN 11 Blitar, seperti tahap persiapan dengan membagikan link group whattshapp group, mengisi absensi, membuka materi, dan mengerjakan peneugasan. Tahap penyampaian materi disampaikan lewat platform bahan ajar. Tahap penilaian, Peserta didik mengaploud materi pada fitur KI 3 atau KI 4 sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pendidik. 3) Evaluasi pembelajaran daring menggunakan e-learning madrasah di MIN 11 Blitar, seperti Penilaian pengetahuan dengan teknik penilaian tes tulis dan penugasan atau soal pada CBT (ketika selesai satu bab materi). Penilaian keterampilan dengan siswa membuat produk atau pada saat kegiatan praktik. Penilaian psikomotorik tidak setiap kali dilakukan karena harus disesuaikan dengan materi pelajaran. penilaian sikap kami ambil dari kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap pagi dan dikirimkan oleh peserta didik lewat whattshapp dan pada saat peserta didik mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173217 Ifti |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 02:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20807 |
Actions (login required)
View Item |