PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN EFISIENSI DAN KEEFEKTIFAN KEGIATAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI AL-HIDAYAH NGUNUT TULUNGAGUNG

MELA WATI, 12205173166 (2021) PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN EFISIENSI DAN KEEFEKTIFAN KEGIATAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI AL-HIDAYAH NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Information and Communication Technologies (ICT) pada Pembelajaran Tematik untuk Menumbuhkan Efisiensi dan Keefektifan Kegiatan Belajar Peserta Didik di SDI Al Hidayah Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Mela Wati, NIM 12205173166, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Zainudin, S.Ag.,M.Pd.I. NIP:196911182000031002 Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Information And Communication Technologies (ICT), Pembelajaran Tematik, Efisien, Efektif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung secara daring (dalam jaringan) sebagai akibat dari adanya pandemi global virus Covid-19. Untuk itu perlu diterapkannya proses pembelajaran dengan pemanfaatan multimedia interaktif berbasis information and communication technologies (ICT) untuk menunjang proses pembelajaran agar berlangsung secara efektif dan efisien. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana pemanfaatan multimedia interaktif berbasis information and communication technologies berbentuk audio pada pembelajaran tematik untuk menumbuhkan efisiensi dan keefektifan kegiatan belajar peserta didik di SDI Al Hidayah Tulungagung. (2) Bagaimana pemanfaatan multimedia interaktif berbasis information and communication technologies berbentuk visual pada pembelajaran tematik untuk menumbuhkan efisiensi dan keefektifan kegiatan belajar peserta didik di SDI Al Hidayah Ngunut Tulungagung. (3)Bagaimana pemanfaatan multimedia interaktif berbasis information and communication technologies berbentuk audiovisual pada pembelajaran tematik untuk menumbuhkan efisiensi dan keefektifan kegiatan belajar peserta didik di SDI Al Hidayah Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif, kemudian untuk pengecekan keabsahan data menggunakan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini (1) Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis ICT audio menggunakan fitur voice note pada aplikasi WhatsApp. WhatApp efektif dan efisien dalam menunjang pembelajaran karena aplikasi WhatsApp adalah aplikasi yang paling banyak digunakan di SD Islam Al Hidayah Ngunut serta tidak memerlukan kuota yang besar. (2) Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis ICT berbentuk visual menggunakan aplikasi WhatsApp, google drive, google form serta google classroom dengan penggunaan disesuaikan oleh kebijakan masing-masing wali kelas. Google classroom lebih efektif dan efisien karena lebih fleksibel, tertata, terorganisir dengan baik untuk pembelajaran tematik yang memuat banyak sub muatan pelajaran. (3) Pemanfaatan multimedia interaktif berbasis ICT berbentuk visual menggunakan aplikasi youtube yang efektif dan efisien dalam pembelajaran karena bisa melihat sekaligus mendengarkan secara bersamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173166 Mela Wati
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:46
Last Modified: 16 Aug 2021 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20823

Actions (login required)

View Item View Item