EVALUASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDHILJATI WETAN (Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung)

LUTFIATUS SILFIANI, 12205173050 (2021) EVALUASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDHILJATI WETAN (Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Evaluasi Manajemen Pembelajaran dengan Sistem Daring di Madrasah Ibtidaiyah Bendhiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfiatus Silfiani, NIM 12205173050, Pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Evaluasi, Manajemen Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena atau adanya wabah Covid-19 yang mengharuskan seluruh Pendidikan di Indonesia harus melaksanakan pembelajaran di rumah atau pembelajaran Daring. hal ini tentu saja akan menjadi kendala peserta didik dalam meningkatkan pembelajaran. Oleh karena itu guru MI Bendhiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung membuat metode baru guna untuk tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Agar pembelajaran daring berjalan dengan efektif diperlukan sejumlah evaluasi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penghambat serta pendukung pada program pembelajaran daring. Dalam hal ini peneliti membahas terkait evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring di MI Bendhiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana perencanaan evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring di MI Bendhiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ? (2) bagaimana pelaksanaan evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring di MI Bendhiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ? (3) Bagaimana hasil evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring di MI Bendhiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan umum yang dilakukan peneliti adalah mendeskripsikan evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring di MI Bendhiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini bermanfaat bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Bendhiljati Wetan Sumbergempol, sebagai inovasi baru tentang mengevaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring dan meningkatkan pengevaluasian pembelajaran. Bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Bendhiljati Wetan Sumbergempol, sebagai pengalaman yang baru melaksanakan pembelajaran daring yang fleksibel, disiplin, serta sesuai gaya belajar masing-masing. Bagi peneliti yang akan menjadi petunjuk atau arahan serta acuan bahan pertimbangan dan referensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan kreadibiltas, transferability, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian (1) perencanaan evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring melalu imempersiapkan perangkat pembelajaran; mempersiapkan sistem atau komponen pembelajaran e-learning; dan menganalisis sumber bahan ajar. (2) pelaksanaan evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring melalui evaluasi pembuatan laporan kinerja guru; evaluasi berdasarkan jenisnya yaitu teknik tes berupa pilihan ganda, uraian dan teknik non tes berupa angket siswa. (3) hasil evaluasi manajemen pembelajaran dengan sistem daring melalui penilaian autentik K13; pemahaman materi oleh siswa melalui pembelajaran e-learning; perubahan sikap atau perilaku siswa setelah melaksanakan pembelajaran e-learning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173050 Lutfiatus Silfiani
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:05
Last Modified: 16 Aug 2021 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20840

Actions (login required)

View Item View Item