KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA MIN 14 BLITAR

FITRIANI SAFAAH, 12205173088 (2021) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Siswa MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh FITRIANI SAFAAH, NIM. 12205173088, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Keterlibatan orang tua, meningkatkan motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena naik turunnya motivasi siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi. Keterlibatan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan karena minat atau motivasi siswa memegang peran penting agar sebuah pembelajaran terlaksana dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana minat belajar siswa kelas IV Abu Bakar MIN 14 Blitar ketika pembelajaran daring selama pandemi? 2) Bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas IV Abu Bakar MIN 14 Blitar selama pembelajaran daring? 3) Bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa kelas IV Abu Bakar MIN 14 Blitar selama pembelajaran daring?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemi dan menjelaskan adanya keterlibatan orang tua dalam meningkatkan motivasi siswa ditinjau dari sisi intrinsik dan ekstrinsik pada siswa di MIN 14 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: 1) person (orang) yaitu, (a) kepala madrasah, (b) waka kurikulum, (c) guru, (d) siswa, dan (e) orang tua. 2) paper (kertas/dokumen) berupa dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. 3) place (tempat), yaitu di MIN 14 Blitar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi meliputi sumber dan metode, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Minat belajar siswa kelas IV Abu Bakar MIN 14 Blitar selama pembelajaran daring sangat bergantung pada mood siswa, intensitas kesulitan mata pelajaran yang dipelajari. Awal pembelajaran daring siswa sangat antusias dengan sistem pembelajaran baru. Tetapi, lama-lama siswa juga merasa bosan. (2) Bentuk keterlibatan orang tua dalam meningkatkan motivasi instrinsik siswa yakni a) memberikan pemahaman materi kepada anak dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, b) selalu mengingatkan akan tanggung jawab siswa, c) mengarahkan siswa sesuai cita-cita yang dimilikinya, d) menanyakan hasil belajar daring. (3) Bentuk keterlibatan orang tua dalammeningkatkan motivasi ekstrinsik siswa kelas IV Abu Bakar MIN 14 Blitar, yakni a) Pendampingan orang tua selama pembelajaran daring, b) Pemberian hadiah, c) Memberikan pujian, d) Memberikan hukuman verbal, e) Memfasilitasi dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173088 FITRIANI SAFAAH
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:33
Last Modified: 16 Aug 2021 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item