STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING DI MIN 14 BLITAR

ZIYAROTUL MUFIDAH, 12205173089 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Berbasis Daring di MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Ziyarotul Mufidah, NIM. 12205173089. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, pemahaman siswa, pembelajaran tematik, daring Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada masa pembelajaran daring di era pandemi yaitu rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajarinya, khususnya pada materi pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kreatifitas guru dalam mengemas pembelajarannya. Sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran dan berpengaruh pada hasil pemahamannya. Maka dalam hal ini guru perlu memperhatikan penggunaan strategi pembelajaran yang dapat mendukung pemahaman siswanya selama pembelajaran daring. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi penyampaian guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik berbasis daring di MIN 14 Blitar?, 2) Bagaimana penerapan strategi penyampaian guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada kegiatan pembelajaran tematik berbasis daring di MIN 14 Blitar?, 3) Bagaimana dampak penerapan strategi penyampaian guru terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran tematik berbasis daring di MIN 14 Blitar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penyampaian guru beserta penerapannya pada kegiatan pembelajaran tematik berbasis daring dalam meningkatkan pemahaman siswa dan mengetahui dampak dari penggunaan strategi penyampaian terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran tematik berbasis daring di MIN 14 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: 1) person (orang) yaitu, (a) kepala madrasah, (b) waka kurikulum, (c) guru, (d) siswa. 2) paper (kertas/dokumen) berupa dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran dan RPP. 3) place (tempat), yaitu di MIN 14 Blitar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi meliputi sumber dan metode, dan pengecekan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi penyampaian guru di MIN 14 Blitar dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik berbasis daring meliputi tiga komponen yaitu media pembelajaran, interaksi siswa dengan media, dan bentuk (struktur) belajar mengajar. (2) Penerapan strategi penyampaian pembelajaran pada kegiatan pembelajaran tematik berbasis daring di MIN 14 Blitardilaksanakan melalui aplikasi WhatsApp dan website e-learning madrasah, yang dimulai dari tahap kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Lebih tepatnya penerapan strategi penyampaian ini terdapat pada tahap kegiatan inti. (3) Dampak diterapkannya strategi penyampaian pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik berbasis daring ini meliputi dampak positif dan negatif. Dari dampak positifnya siswa lebih mudah memahami materi melalui penggunaan strategi ini, akan tetapi untuk dampak negatifnya pemahaman siswa tidak sepenuhnya optimal dan menyeluruh yang artinya masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan memahami materi pembelajaran tematik berbasis daring ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173089 ZIYAROTUL MUFIDAH
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:33
Last Modified: 16 Aug 2021 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20844

Actions (login required)

View Item View Item