PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI SULAIMANIYAH MOJOAGUNG JOMBANG

NURUL FIKRI AULIA, 12205173311 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI SULAIMANIYAH MOJOAGUNG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Memberikan Bimbingan Anak pada Pembelajaran Daring di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang” ini ditulis oleh Nurul Fikri Aulia, NIM. 12205173311, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Memberikan Bimbingan Anak, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatar belakangi oleh seberapa pentingnya peran orang tua dalam memberikan bimbingan anak. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ini dengan proses pembelajaran daring atau pembelajaran yang dilakukan di rumah. Oleh karena itu orang tua sangat memiliki peranan penting dalam keberhasilan anaknya pada pembelajaran daring atau pembelajaran yang dilakukan di rumah. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana peran orang sebagai motivator tua dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang? (2) bagaimana peran orang tua sebagai organisator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang? (3) bagaimana peran orang tua sebagai informator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang?. Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah memberikan inovasi baru dan pengalaman baru untuk kemajuan sekolah terkait pembelajaran daring dimasa pendemi covid-19 yang diharuskan belajar dirumah. Bagi guru memberikan inovasi dan pengalaman baru bagaimana caranya untuk menyampaikan materi pada jarak jauh dengan situasi dan kondisi masa pandemi ini, serta mampu memberikan pemahaman kepada siswa-siswinya maupun orang tuanya. Bagi orang tua memberikan pengalaman baru untuk mendidik langsung anak-anaknya sehingga mengerti bagaimana jika anaknya berada disekolah kemudian lebih faham tentang kriteria anak-anaknya yang sebenarnya. Bagi siswa memberikan pengalaman belajar yang baru, menarik dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk belajar dengan menggunakan cara pembelajaran daring yang dimana orang tua yang menjadi guru sementara bagi anaknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. Data yang peneliti dapatkan adalah dari kepala sekolah, guru, dan wali murid. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Peran orang tua sebagai motivator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang yakni cara memotivasi anak sangat bervariasi yakni: Orang tua dalam memberikan motivasi belajar pada anak sangat beragam. Banyak trik-trik khusus yang dilakukan oleh wali murid. Peran orang tua sangatlah penting terhadap pembelajaran daring di masa pandemi saat ini. (2) Peran orang tua sebagai organisator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang yakni sebagai berikut: Metode pembelajaran daring yang dilakukan oleh setiap orang tua sangat bervariasi. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh pihak sekolah saat pembelajaran daring juga bervariasi atau tidak terpaku oleh satu metode pembelajaran. Hambatan yang dirasakan oleh ketiga wali murid MI Sulaimaniyah berbeda-beda atau bervariasi. Solusi dalam faktor penghambat orang tua sangat bervariasi. Faktor pendukung dalam pembelajaran daring saat ini juga beragam. (3) Peran orang tua sebagai informator dalam memberikan bimbingan anak pada pembelajaran daring di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang yakni sebagai berikut: Orang tua menyampaikan materi kepada anak yang sangat bervariatif dan orang tua mengembangkan teknologi yang sangat bervariatif dari sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173311 Nurul Fikri Aulia
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:40
Last Modified: 16 Aug 2021 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item View Item