AZ-ZAHRA SIWI HESTI MANEKUNG, 12208173083 (2021) EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN BUKU OSHIBANA SEBAGAI MEDIA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs DARISSULAIMANIYYAH MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Efektivitas Pengembangan Buku Oshibana Sebagai Media Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs Darissulaimaniyyah Materi Klasifikasi Tumbuhan” ini ditulis oleh Az-Zahra Siwi Hesti Manekung, NIM 12208173083 dengan dosen pembimbing Ibu Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Buku Oshibana, Materi Klasifikasi Tumbuhan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan media belajar untuk mempelajari materi Klasifikasi Tumbuhan untuk peserta didik MTs Darissulaimaniyyah kelas VII. Materi Klasifikasi Tumbuhan merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh peserta didik jenjang SMP/MTs kelas VII dalam kurikulum semester ganjil. Pada penelitian ini, peneliti menghubungkan masalah ketersediaan media belajar dengan proses pembelajaran di kelas yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga peneliti mengembangkan media belajar untuk mempelajari materi Klasifikasi Tumbuhan yaitu buku Oshibana. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan buku Oshibana. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan buku Oshibana. (3) Unuk mendeskripsikan efektivitas buku Oshibana sebagai media belajar materi Klasifikasi Tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan buku Oshibana yang meliputi analisis kebutuhan khusus, analisis kurikulum dan penyusunan desain buku Oshibana. Hasil dari analisis kebutuhan khusus diperoleh hasil 53,06% peserta didik kelas VII MTs Darissulaimaniyyah tidak memiliki media belajar khusus untuk mempelajari materi Klasifikasi Tumbuhan sehingga peneliti berupaya mengembangkan buku Oshibana, sebanyak 81,63% peserta didik setuju jika buku Oshibana dikembangkan sebagai media belajar. Hasil dari analisis kurikulum menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di sekolah adalah kurikulum 2013. Proses penyusunan buku Oshibana terdiri dari beberapa komponen, yaitu: cover depan, kata pengantar, daftar isi, dafar gambar, capaian pembelajaran, isi buku (materi Klasifikasi Tumbuhan dan materi Oshibana), penugasan, cara menggunakan dan merawat media belajar Oshibana, daftar rujukan dan cover belakang. (2) Hasil uji kelayakan buku Oshibana dilakukan oleh 3 validator, yaitu dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru IPA kelas VII. Hasil penilaian validator ahli materi memperoleh hasil sebesar 72% dengan kriteria valid, dapat digunakan tanpa revisi. Hasil penilaian validator ahli media memperoleh hasil sebesar 81,67% dengan kriteria valid, dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil validator guru IPA kelas VII memperoleh hasil sebesar 92% dengan kriteria sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. (3) Hasil uji coba produk untuk mengetahui efektivitas buku Oshibana dengan menggunakan angket keterbacaan produk dan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil angket keterbacaan produk memperoleh rata-rata nilai sebesar 70,41 dengan hasil persentase sebesar 88,01% dengan kriteria sangat efektif digunakan sebagai media belajar untuk mempelajari Klasifikasi Tumbuhan. Sedangkan perbandingan rata-rata nilai N-gain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah 0,6667 ≥ 0,0185. Nilai rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan melalui SPSS dengan menggunakan uji Independent Sample Test diperoleh hasilnya 0,00 ≤ 0,05. Hasil signifikansi menunjukkan kurang dari 0,05 sehingga hasilnya hipotesis diterima dengan kesimpulan buku Oshibana efektif sebagai media belajar untuk mempelajari materi Klasifikasi Tumbuhan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173083 AZ-ZAHRA SIWI HESTI MANEKUNG |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:18 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 04:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20861 |
Actions (login required)
View Item |