STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FIKA DEWI ARISMA, 12201173027 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disiplin merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan siswa, khususnya dalam hal beribadah agar pada masa dewasanya tidak cenderung malas, apatis dan konsisiten dalam menjalankan ibadah. Ibadah yang dimaksud bukan hanya sholat saja, melainkan segala aktivitas yang baik berupa perkataan, perbuatan yang dilakukan atas dasar niat dan mengharap ridho Allah SWT. Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam beribadah baik melalui pelajaran agama maupun kegiatan keagamaan yang dilakukan disekolah, dengan tujuan memberikan kesadaran pada siswanya agar taat pada kewajiban sebagai hamba Allah, dan juga agar semangat dan konisisten dalam menjalankan ibadah tanpa ada paksaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian studi dokumentasi yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam 2 orang, siswa kelas IX 3 anak. Berdasarkan hasil penelitian ini strategi guru pendidikan agama Islam dalam menembentuk kedisiplinan beribadah siswa dilakukan dengan: Pertama, guru PAI menanamkan disiplin ibadah melalui pembiasaan. Kedua, guru PAI membuat kerjasama antara guru dan orangtua. Ketiga, memberikan motivasi yang membangun siswa agar disiplin. Keempat, guru PAI menanamkan karakter disiplin pada siswa. Kelima, membuat sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan atau tidak disiplin. Adapun hasil dari strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kedisiplinan beribadah siswa SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung yaitu: (1) Terbentukya karakter siswa yang disiplin dalam beribadah. (2) Tumbuh rasa tanggung jawab dan kesadaran diri dalam beribadah. Kata kunci: Guru Pendidikan agama Islam, Beribadah, SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173027 Fika Dewi Arisma
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:54
Last Modified: 16 Aug 2021 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20877

Actions (login required)

View Item View Item