EVA OKTARIANI DAHANA, 12205173303 (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI MI NURUL HUDA KRENCENG KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (452kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (245kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (125kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (38kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Untuk Membentuk Karakter Sosial Peserta Didik Di MI Nurul Huda Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Eva Oktariani Dahana, NIM. 12205173303, pembimbing Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag.,M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa sekolah atau lembaga pendidikan yang dianggap sebagai sebuah boomerang bagi sebagian siswa. Karena didunia pendidikan banyak perilaku atau kekerasan yang dialami oleh siswa dan dianggap hal yang wajar atau sepele. Maka dalam hal ini peneliti, meneliti tentang peran guru dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa untuk membentuk karakter sosial peserta didik di MI Nurul Huda Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik di MI Nurul Huda Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar?, (2) Bagaimana peran guru dalam mengatasi perilaku bullying verbal di MI Nurul Huda Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar?, (3) Bagaimana peran guru dalam mengatasi perilaku bullying cyber di MI Nurul Huda Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar?. Dalam penelitian ini menggunakan, penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi dan data tentang orang, objek, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengatasi perilaku bullying di MI Nurul Huda Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik berupa memberikan nasehat, memberikan peringatan atau sanksi, pemberian point, pemanggilan orang tua, dan pemberian skorsing. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying verbal, serupa dengan peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik berupa memberikan nasehat, memberikan peringatan atau sanksi, pemberian point, pemanggilan orang tua, dan pemberian skorsing. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying cyber, juga serupa dengan peran guru dalam mengatasi perilaku bullying fisik dan verbal. Tetapi disini peran guru dalam mengatasi perilaku bullying cyber, berupa pemberian nasehat dan pemanggilan orang tua. Dengan demikian guru mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengatasi perilaku bullying pada siswa untuk membentuk karakter sosial peserta didik di MI Nurul Huda Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Kata kunci: Peran Guru Kelas, Perilaku Bullying, Peserta Didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam Psikologi > Psikologi pendidikan Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173303 EVA OKTARIANI DAHANA |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 08:22 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 08:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20927 |
Actions (login required)
View Item |