MIFTAH ZUMROH MAHFUDHOH, 12207173001 (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MTsN 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Miftah Zumroh Mahfudhoh, NIM 17207163001, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag, M.Pd Kata Kunci : Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Penelitian ini membahas tentang Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MTsN 1 Tulungagung. Kepala madrasah merupakan tenaga fungsional yang bertanggung jawab memimpin madrasah dalam melaksanakan belajar mengajar. Kepala madrasah harus memiliki peran yang inovatif dan berkualitas dalam mengelola seluruh personel sekolah termasuk dalam megelola kompetensi pedagogik guru, agar kemampuan dan potensi guru dapat berkembang dengan baik. Dalam hal ini kepala madrasah mengambil peran penting yaitu sebagai manajer, leader dan supervisor. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Tulungagung? Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai manajer dalam kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Tulungagung (2) Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Tulungagung (3) Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTsN 1 Tulungagung. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sebagai: 1) Manajer di MTsN 1 Tulungagung, dengan memberdayakan tenaga kependidikan melalui workshop, diklat, seminar, MGMP dan memberi kesempatan pada guru yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. 2) Leader di MTsN 1 Tulungagung, dengan memberikan contoh yang baik, memberi motivasi kerja, memiliki kemampuan berkomunikasi, melengkapi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. 3) Supervisor di MTsN 1 Tulungagung, dengan kunjungan kelas, mengadakan rapat, mengadakan pertemuan pribadi dan supervisi secara rutin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207173001 Miftah Zumroh Mahfudhoh |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 07:54 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 07:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20950 |
Actions (login required)
View Item |