STRATEGI GURU MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 KOTA KEDIRI

FIKA NAFI' ARDIAN RAMADANI, 12201173026 (2021) STRATEGI GURU MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Kota Kediri” ini ditulis oleh Fika Nafi’ Ardian Ramadani, NIM. 12201173026, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Ahmad Fikri Amrullah, S.Hum, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi, Al-Qur’an Hadis, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang berminat dan tertarik terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Dalam proses belajar mengajar, guru harus mengetahui bentuk motivasi yang harus digunakan untuk meningkatkan belajar peserta didiknya. Berdasarkan kegiatan belajar mengajar selalu ada strategi guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Strategi guru bertujuan untuk memotivasi peserta didik agar mereka memiliki gairah dan semangat dalam belajar dan dapat mencapai prestasi yang optimal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kota Kediri?, (2) Bagaimana faktor penghambat yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kota Kediri?, (3) Bagaimana evaluasi hasil strategi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitiannya di MAN 1 Kota Kediri. Sumber datanya diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu, triangulasi, dan pembahasan sejawat. Hasil penelitiannya adalah (1) Strategi guru pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dalam memotivasi peserta didik kelas X di MAN 1 Kediri adalah pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dimulai. Ada juga strategi yang digunakan yaitu peserta didik diminta untuk membaca terlebih dahulu materi yang akan dipelajari kemudian akan dijelaskan kembali dan dikaitkan dengan contoh dikehidupan sehari-hari. (2) Faktor penghambat terjadi karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal diantaranya teman sebaya, lingkungan sekolah, dan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor internal yaitu dari diri sendiri, disebabkan oleh peserta didik yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an. (3) Evaluasi strategi guru untuk meningkatkan motivasi belajar pesera didik yaitu dengan mengadakan ulangan harian, hafalan-hafalan, dan juga ulangan lisan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173026 FIka Nafi' Ardian Ramadani
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:47
Last Modified: 16 Aug 2021 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20964

Actions (login required)

View Item View Item