PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR

INTAN KHOIRUN NI'MAH, 17201163023 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peseta Didik di MA Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Intan Khoirun Ni’mah, NIM. 17201163023, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik tentang pengetahuan agama islam yang mengakibatkan hasil belajar mereka di sekolah kurang memuaskan. Peran dari guru PAI sangat dibutuhkan dalam penyelesaian masalah tersebut. Oleh karena itu, guru PAI melakukan kegiatan proses pendidikan dimulai dari tahapan kognisi, afeksi kemudian psikomotorik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di MA Ma’arif NU Kota Blitar? (2) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar afektif peserta didik di MA Ma’arif NU Kota Blitar? (3) Bagaiamana peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik peserta didik di MA Ma’arif NU Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik sebagai pengajar yaitu melaksanakan kegiatan pembalajaran. Sebagai fasilitator yaitu mempersiapkan materi. Sebagai motivator yaitu menyampaikan tujuan materi pelajaran. Dan sebagai evaluator yaitu mengadakan penilaian formatif dan sumatif. (2) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar afektif peserta didik sebagai pendidik yaitu menanamkan nilai-nilai agama. Sebagai fasilitator yaitu memberikan sarana prasarana untuk kegiatan pembelajaran. Sebagai motivator yaitu menyampaikan tujuan dan manfaat dari materi pelajaran. Dan sebagai evaluator yaitu melakukan evaluasi (observasi). (3) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik peserta didik sebagai pelatih yaitu mengajak peserta didik untuk membaca dalil serta doa. Sebagai fasilitator yaitu memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan. Sebagai motivator yaitu memberikan nilai tambahan serta pujian kepada peserta didik. Dan sebagai evaluator yaitu guru melakukan kegiatan ujian dalam bentuk praktik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163023 Intan Khoirun Ni'mah
Date Deposited: 18 Aug 2021 02:47
Last Modified: 18 Aug 2021 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20996

Actions (login required)

View Item View Item