STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MELALUI METODE TAKRIR DAN SAMBUNG AYAT DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

KUNI MUNTAFIAH JAMILAH, 12205173325 (2021) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MELALUI METODE TAKRIR DAN SAMBUNG AYAT DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Kuni Muntafiah Jamilah. NIM 12205173325. Strategi Guru untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik melalui Metode Takrir dan Sambung Ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Kualitas hafalan, Takrir dan Sambung ayat Program hafalan Al-Qur’an kini menjadi program unggulan di sekolah-sekolah. salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan program tersebut adalah kualitas hafalan Al-Qur’an, baik dari segi kelancaran, kefasihan, maupun kesesuaian dengan tajwid. Oleh sebab itu perlu dikembangkan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an. Maka, peneliti akan meneliti tentang strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Fokus penelitian (1) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Bagaimana faktor pendukung dalam strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Bagaimana faktor penghambat dalam strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu perpanjang penelitian, ketekunan, triangulasi sumber data dan teknik Hasil penelitian (1) Strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an yaitu tidak beralih ke ayat selanjutnya sebelum ayat yang sedang dihafalkan benar-benar hafal dengan lancar dan benar, peserta didik mengulang kembali hafalan yang telah didapatkan melalui kegiatan muraja’ah, menekankan kepada peserta didik untuk memperhatikan ayat yang mirip, serta memotivasi peserta didik agar bersemangat. (2) Faktor pendukung yang ada meliputi faktor guru, usia, lokasi dan lingkungan MI Plus Al-Istighotsah, waktu menghafal, serta faktor adanya pemisahan antara peserta didik putra dan putri. (3) Faktor penghambat yang ada meliputi orang tua yang pasif, peserta didik yang kurang konsentrasi dan lupa dengan surah yang telah dihafalkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173325 Kuni Muntafiah Jamilah
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:29
Last Modified: 02 Nov 2021 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21007

Actions (login required)

View Item View Item