KUNI MUNTAFIAH JAMILAH, 12205173325 (2021) STRATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MELALUI METODE TAKRIR DAN SAMBUNG AYAT DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Kuni Muntafiah Jamilah. NIM 12205173325. Strategi Guru untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik melalui Metode Takrir dan Sambung Ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Kualitas hafalan, Takrir dan Sambung ayat Program hafalan Al-Qur’an kini menjadi program unggulan di sekolah-sekolah. salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan program tersebut adalah kualitas hafalan Al-Qur’an, baik dari segi kelancaran, kefasihan, maupun kesesuaian dengan tajwid. Oleh sebab itu perlu dikembangkan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an. Maka, peneliti akan meneliti tentang strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Fokus penelitian (1) Bagaimana strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Bagaimana faktor pendukung dalam strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Bagaimana faktor penghambat dalam strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik melalui metode takrir dan sambung ayat di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu perpanjang penelitian, ketekunan, triangulasi sumber data dan teknik Hasil penelitian (1) Strategi guru untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an yaitu tidak beralih ke ayat selanjutnya sebelum ayat yang sedang dihafalkan benar-benar hafal dengan lancar dan benar, peserta didik mengulang kembali hafalan yang telah didapatkan melalui kegiatan muraja’ah, menekankan kepada peserta didik untuk memperhatikan ayat yang mirip, serta memotivasi peserta didik agar bersemangat. (2) Faktor pendukung yang ada meliputi faktor guru, usia, lokasi dan lingkungan MI Plus Al-Istighotsah, waktu menghafal, serta faktor adanya pemisahan antara peserta didik putra dan putri. (3) Faktor penghambat yang ada meliputi orang tua yang pasif, peserta didik yang kurang konsentrasi dan lupa dengan surah yang telah dihafalkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173325 Kuni Muntafiah Jamilah |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 03:29 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21007 |
Actions (login required)
View Item |