AYU WARDANI, 17208163045 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (924kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar”ini ditulis oleh Ayu Wardani, Jurusan Tadris Biologi, NIM 17208163045, dibimbing oleh M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Jigsaw, Pendekatan Saintifik, Proses Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model, metode dan media pembelajaran yang monoton ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga menjadikan siswa cenderung pasif. Sedangkan faktanya, diera globalisasi siswa dituntut untuk menunjukkan keaktifan dan kreativitasnya ketika pembelajaran. Selain itu, monotonnya proses pembelajaran akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu diperlukan usaha untuk memperhatikan hasil belajar dan proses pembelajaran yang menarik dengan melakukan inovasi dalam model pembelajaran yang tidak membosankan dan berbeda dari biasanya. Salah satu model pembelajaran yang menarik dan melibatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ; (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap proses belajar siswa, (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa, (3) Hubungan proses belajar dengan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan penelitian eksperimen semu dalam bentuk rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis teknik sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-Test (T-Test) dan Uji Korelasi dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil Uji T proses belajar siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailled) 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap proses belajar siswa. (2) Hasil Uji T hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailled) 0,036 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. (3) Hasil Uji Korelasi proses belajar dengan hasil belajar siswa dipetoleh nilai 0, 022 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat korelasi antara proses belajar dengan hasil belajar siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Biologi > Manusia Pendidikan > Pembelajaran Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208163045 AYU WARDANI |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 00:47 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 05:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21052 |
Actions (login required)
View Item |