MANAJEMEN LIFE SKILL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTs NEGERI 3 TULUNGAGUNG

KHURI FARIHA ULYA, 12201173152 (2021) MANAJEMEN LIFE SKILL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTs NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Life Skill Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MTs Negeri 3 Tulungagung” ditulis oleh Khuri Fariha Ulya, NIM. 12201173152, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Manajemen Life Skill, Ekstrakurikuler Keterampilan dan kecakapan yang dimiliki individu dapat digunakan sebagai bekal dasar dan latihan dengan benar untuk menghadapi problema dalam kehidupan yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Tulungagung dengan membahas mengenai manajemen life skill (kecakapan hidup) yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik sebagai upaya pembinaan kepada mereka agar mampu mencukupi kebutuhannya secara mandiri dengan bekal ketrampilan hidup yang di miliki. Kegiatan ektrakurikuler di lembaga pendidikan dianggap efektif dapat menumbuh kembangkan kecakapan hidup pada diri peserta didik yang nantinya dijadikan sebagai bekal hidup dan menghadapi segala tantangan di dalam masyarakat, negara dan agama. Fokus penelitian ini adalah: Pertama, perencanaan manajemen life skill peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTs Negeri 3 Tulungagung. Kedua, pelaksanaan manajemen life skill peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTs Negeri 3 Tulungagung. Ketiga, evaluasi manajemen life skill peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTs Negeri 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru pembina life skill melalui ekstrakurikuler, dan peserta didik. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian, pertama, perencanaan manajemen life skill peserta didik melalui ekstrakurikuler ialah penetapan tujuan, mengidentifikasi kebutuhan pembinaan meliputi: materi dan metode pembinaan, jadwal, fasilitas, dan biaya. Kedua, pelaksanaan manajemen life skill peserta didik melalui ekstrakurikuler ialah menguasi aspek-aspek kurikulum berbasis life skill dengan melaksanakan tujuan pada perencanaan, merefleksikan life skill dalam kehidupan nyata serta mengikuti kegiatan pembinaan dalam pelatihan rutin. Ketiga, evaluasi manajemen life skill peserta didik melalui ekstrakurikuler ialah mengevaluasi peserta didik dan pembina, program kegiatan dan hasil yaitu adanya perubahan positif dalam diri peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Masyarakat Islam
Pendidikan Islam
Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 12201173152 KHURI FARIHA ULYA
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:56
Last Modified: 26 Aug 2021 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21060

Actions (login required)

View Item View Item