NAYLUSSHOFY ALIVANIE, 12206173014 (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL AZHAAR KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (982kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (728kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (431kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (741kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (190kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
ABSTRAK Naylusshofy Alivanie, 12206173014, 2021 “Strategi Guru dalam Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma Pada Anak Usia Dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfina, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa strategi yang diterapkan guru merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam proses menghafal Al-Qur’an. Terkait hal terebut, guru tahfidz di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung. Menerapkan strategi menghafal juz ‘amma untuk memudahkan peserta didik dalam proses menghafal juz ‘amma. Fokus pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam perencanaan pembelajaran menghafal j uz ‘amma pada anak usia dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung?, 2) Bagaimana strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran menghafal juz ‘amma pada anak usia dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung?, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran menghafal juz ‘amma pada anak usia dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung? Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Strategi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma pada Anak Usia Dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung adalah dalam menerapkan strategi pembelajaran, guru memilih metode tabarok. Materi disesuaikan dengan karekteristik peserta didik. 2) Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma pada Anak Usia Dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung adalah penyampaian materi menghafal Al-Qur’an menggunakan media audio visual murrotal dari Syech Kamil, yang dalam pelaksanaannya ada empat sesi: Murojaah, Menambah Hafalan, Setoran, dan Mengenalkan Materi Hafalan Selanjutnya. 3) Faktor pendukung dalam pembelajaran menghafal Al Qur’an di TK Islam Al Azhaar adalah guru menyadari fitrah anak, peran orang tua yang aktif dan guru melaksanakan sesuai dengan manajemen waktu. Sedangkan faktor penghambatnya, motivasi anak yang kurang, kondisi lingkungan yang kurang mendukung, dan proses pembelajaran yang kurang kondusif pada masa pandemi ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173014 Naylusshofy Alivanie |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 04:27 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 04:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21079 |
Actions (login required)
View Item |